Lompat ke isi utama
komunitas dacop pada saat berkurban

Hasil iuran Anggotanya, Komunitas Decop Berqurban di Masyarakat

Solider.id, Pati - Pada hari raya Idul Adha ini Deaf Community Of Pati (Decop),  salah satu komunitas Tuli di Pati mengadakan qurban di mushola Darul Ma'la, Desa Dadirejo Kecamatan Margorejo Pati, Minggu (11/08).

Ini merupakan kali kedua Decop menyelenggarakan qurban di tempat yang sama.

Qurban ini hasil dari swadaya anggota Decop, dengan menyembelih satu ekor kambing.

"Ada dua ekor kambing di qurban sekarang ini, satu kambing mushola itu sendiri dan satu lagi milik Decop, dan ini kedua kalinya Decop ikut berqurban." Kata Andhika Aminuddin selaku ketua Decop.

Menurutnya, selain salah satu dari bentuk ibadah qurban juga menumbuhkan kekompakan dan solidaritas.

"Saya sangat senang dan ini bagus untuk Decop, karena ada kerja sama yang baik antara difabel Tuli dan nondifabel." Ujar Dhika.

Ia berharap Decop setiap tahun bisa mengadakan acara berqurban dengan swadaya sendiri.

Salah satu takmir mushola, Anang mengapresiasi Decop dalam berqurban.

"Komunitas Decop Baik, komunitasnya solid dan salah satu dari mereka ada yang punya pemikiran untuk mengajak teman-temannya agar lebih dekat dengan agamanya dan lebih tekun ibadahnya." Ucap Anang.

Karena banyaknya orang yang membantu dan kerja sama yang baik antara difabel Tuli dan non difabel, prosesi berqurban itu berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

"Alhamdulillah berjalan lancar, untuk berkomunikasi tidak ada kendala karena sebagian dari takmir di sini sudah bisa bahasa isyarat." Tukasnya.

Ia berharap kolaborasi ini tidak hanya saat berqurban saja tetapi di segi apapun, karena jika difabel di arahkan ke hal baik, mereka juga akan baik.

"Untuk difabel tergantung siapa yang mengajak mereka, kalau diajak untuk kebaikan pasti mereka mengarah pada kebaikan, tapi jika di arahkan dalam kejahatan mereka akan mengarah kesana." Tutur Anang.

 

Wartawan   : Oby Achmad

Editor          : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.