Lompat ke isi utama
ilustrasi model difabel

JCD Libatkan Model Difabel dalam Gelar Fashion Show Inklusif

Sebagai ilustrasi gambar diperoleh dari google

Solider.id, Yogyakarta - Jogja Creative Design (JCD) akan menghadirkan pergelaran mode (Fashion Show) inklusif. Sebuah gelaran mode yang melibatkan 20 model difabel bersama 12 model lain (nondifabel). Para model akan memperagakan baju karya para desainer yang tergabung dalam JCD.

 

Panitia fashion show yang juga pengurus JCD, Dewi Cakra mengatakan bahwa kegiatan akan dilangsungkan di Halaman Kantor Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat, Minggu (19/5).  Sembari menunggu waktu buka puasa, kegiatan  fashion show menyuguhkan misi inklusivitas di tengah warga masyarakat Kota Yogyakarta.

Fashion show digelar dengan harapan dapat menyampaikan pesan sosial tentang inklusivitas dan identitas positif. Selanjutnya kegiatan ini akan membuktikan bahwa difabel memiliki kesempatan dan hak yang sama sebagaimana yang lainnya,” ujar Dewi.

Membongkar cara pandang

Lebih lanjut dikatakannya bahwa cara pandang atau mindset yang dibangun tentang model dalam peragaan busana yang identik dengan perempuan tinggi dan cantik ‘sempurna’ harus diubah. Bahwa sesungguhnya orang dengan difabilitas juga layak dan mampu memperagakan busana.

JCD merupakan komunitas para desainer yang memiliki produk dengan kekhasan masing-masing. Di antaranya batik tulis, batik ecoprint, handmade aksesoris. Pada momen ramadhan, mereka berinisiatif menyelenggarakan event yang tidak sekedar promosi tetapi syarat nuansa sosial dan kemanusiaan.

Adapun menurut anggota JCD Tri Rejeki, dari beberapa anggota yang bergabung dengan JCD ada yang memiliki usaha yang telah mempekerjakan kelompok difabel.

Lebih lanjut tentang even fashion show Tri mengatakan, "Kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat menikmati suguhan kreatif dan inklusif. Dengan demikian belenggu cara pandang negatif tentang difabel dapat terbuka,” ujarnya.  

 

Wartawan: harta nining wijaya

Editor      : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.