Lompat ke isi utama
 Foto bersama usai acara talkshow dan workshop

Berlatih Membuat Roti dan Kelola Stres Jadi Kegiatan SHG Difa Mandiri

Solider.id, Sukoharjo- Laurensia Liona, owner Ganep’s mengatakan bahwa ia tidak memandang siapa yang membuat, entah itu difabel atau bukan, asal produknya bagus dan berkualitas, Ganep’s siap membantu pemasarannya. Demikian dikatakan saat menjadi narasumber pada Talkshow & Workshop Manajemen Stress dan Bincang Kewirausahaan untuk Kemandirian Difabel pada Minggu (10/3) di Pendopo Balai Desa Krajan Kecamatan Weru.

Acara yang diselenggarakan oleh Indonesia Care for Rare Diseasse, bekerja sama dengan Difa Mandiri dan dispnsori oleh Geneps ini dihadiri lebih dari 50 difabel anggota SHG Difa Mandiri warga Kecamatan Weru serta wakil camat, kepala puskesmas, dan enam kepala desa selaku ketua Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) di desanya masing-masing.

Liona melihat produk tompo yang dihasilkan oleh Parno, difabel daksa asal Desa Ngreco yang kualitasnya bagus dan kuat serta berbeda dengan tompo yang ada di pasaran pada umumnya. Liona juga memuji produk craft Asih Mulyani, difabel tanpa tangan asal Desa Grogol Kecamatan Weru. Menurut Liona, hasil produk tas terbuat dari tali kur Asih kualitasnya tidak kalah dari produk sejenis karya perajin lainnya.

Pelatihan kewirausahaan tak hanya berhenti pada bincang-bincang saja namun juga workshop membuat roti dan diikuti oleh difabel anggota SHG Difa Mandiri. Selain itu talkshow tentang mengelola stress menghadirkan pembicara seorang psikolog yang bekerja sama dengan Indonesia Care For Rare Diseases (IC4RD), Febiola Audry, S. Psi, M. Psi. Materi berupa cara pengenalan macam-macam stress sehingga tahu dan dideteksi sedini mungkin serta meningkatkan rasa percaya diri bagi difabel.

Menurut Agus Wahyudi, salah satu anggota Difa Mandiri mengatkan bahwa talkshow dan workhop ini sangat bermanfaat bagi kelompok difabel, terkait peningkatan kapasitas berwirausaha dan yang penting adalah ada jalur atau jaringan yang bisa diharapkan terutama dari pihak swasta untuk meningkatkan pemasaran produk yang dihasilkan oleh difabel.  

 

Wartawan : Puji Astuti

Editor        : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.