Lompat ke isi utama
Peserta lokakarya

Menjaring Ide Pemberdayaan untuk ODGJ

Solider.id, Gunungkidul- Difabel psikososial atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) jarang disentuh di dalam berbagai model pemberdayaan bagi masyarakat rentan. Selain persoalan di lapangan yang sulit dipecahkan, model-model pemberdayaan belum memberikan ruang khusus dalam proses pelibatan difabel psikososial.

Hal tersbeut menjadi latarbelakang panti rehabilitas Yakkum mengadaka lokakarya bertema Peran Organisasi Masyarakat Sipil Dalam Sistem Layanan Kesehatan Mental yang diadakan di rumah warga, Sumiyati, Desa Papringan, Playen, Gunungkidul.

“Apa itu kesehatan jiwa? Bagaimana sistem rujukan untuk mereka yang butuh layanan kesehatan? Apa yang kita lakukan sebagai wujud sumbangsih untuk difabel psikososial? Bagaimana upaya kita agar masyarakat dan lingkungan bisa menerima mereka?,” tanya Arie mencoba menjaring berbagai pertanyaan dari peserta lokakarya.

Para peserta, yang meliputi perwakilan organisasi difabel dari 18 kecamatan dan organisasi difabel lain di Gunungkidul memberikan banyak ide dan masukan. Arie berharap ide-ide yang dihasilkan bisa membawa dan melibatkan difabilitas psikososial dalam kegiatan pemberdayaan.

Menurut Arie, memberikan pemahaman tentang difabel psikososial kepada masyarakat saat ini sangat perlu. Sebab masyarakat belum memiliki bekal cukup menangani cara bagaimana mengambil langkah untuk melakukan pendampingan.

Ngatini salah satu aktivis difabel dan perwakilan organisasi difabel Gunungkidul mengatakan langkah kecil saat ini yang bisa dilakukan oleh masyarakat melalui pendekatan kultural “merangkul mereka seperti warga lainnya,” imbuhnya.

Selain Ngatini, berbagai masukan ditampung oleh Yakkum. Mulai dari sosialisasi atau pelatihan tentang kesehatan jiwa kepada organisasi difabel, dibentuknya kader kesehatan jiwa, pendataan dan memasukkan data difabilitas psikososial ke kelompok difabel, anggaran untuk difabel psikososial di masing-masing Desa, jaminan kesehatan dan lain sebagainya.[]

 

Reporter: Yanti

Editor: Robandi

The subscriber's email address.