Lompat ke isi utama
Peserta sedang mendengarkan penjelasan tentang disabilitas Psikososial dari salah satu pemateri dari Yakkum

Memahamkan Disabilitas Psikososial Kepada Masyarakat

Solider.id, Gunungkidul- Pusat Rehabilitasi Yakkum mengadakan lokakarya yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peran lintas sektoral terhadap pemenuhan hak orang dengan disabilitas psikososial. Hal tersebut juga dilandasi karena selama ini disabilitas psikososial yang telah pulih dan dikembalikan sering mendapat penolakan dari keluarga dan masyarakat.

“Kegiatan diadakan untuk meningkatkan kualitas hidup orang dengan gangguan kejiwaan, atau orang dengan difabilitas Psikososial, agar bisa mandiri secara sosial dan ekonomi,” tutur Arie Kurniawan, ketua program kesehatan jiwa dari Yakkum (30/01).

Menurut Siswiningtyas, manajer program kesehatan jiwa mengatakan mereka membutuhkan penerimaan terlebih dulu dari masyarakat. Stigma yang dilabelkan kepada disabilitas psikososial menjadi hambatan tersendiri yang membuat mereka belum sampai pada tahap bagaimana memenuhi kebutuhan ekonomi. “Menjadi penyebab tingginya angka kekambuhan, sehingga mereka butuh pendampingan,” lanjutnya.

Tyas juga menjelaskan bahwa masalah rumah tangga, faktor ekonomi, atau orang dengan harapan tinggi lainnya, menjadi faktor lainnya yang memicu tingginya tingkat gangguan psikososial. “Apalagi tingginya angka gantung diri di Gunungkidul juga mengkhawatirkan,” imbuhnya.

Bagi Anggiasari, salah satu aktivis difabel yang ikut datang, untuk menangani mereka yang mengalami gangguan psikososial perlu adanya peningkatan kesadaran di masyarakat. Saat ini masih banyak masyarakat yang kurang paham tentang informasi terkait gangguan psikososial. Hal tersebut juga karena jenis disabilitas dari gangguan psikososial merupakan bentuk disabilitas yang tidak terlihat.

“Mereka yang mengalaminya akan sangat terpinggirkan dan mengalami beberapa tingkat diskriminasi,” pungkas di lokakarya dengan tema Anggi Peran Organisasi Masyarakat Sipil Dalam Sistem Layanan Kesehatan Mental yang diadakan di rumah warga, Sumiyati, Desa Papringan, Playen, Gunungkidul.  []

 

Reporter: Yanti

Editor: Robandi

The subscriber's email address.