Lompat ke isi utama
Rapat perumusan program kelas bahasa Inggris

Perumusan Program Kelas Bahasa Inggris Bagi Difabel

Solider.id, Bandung – Kecakapan dalam menggunakan bahasa Inggris selalu diburu oleh siapa pun yang ingin mempelajarinya, termasuk oleh masyarakat difabel. Bertempat di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5 Bandung, Sabtu siang (26/1), rencana pengayaan program pembelajaran bahasa Inggris bagi para difabel dirumuskan.

Digagas langsung oleh salah seorang pemerhati difabel, ide membuka kelas bahasa Inggris tersebut disambut antusias masyarakat difabel Kota Bandung dan sekitarnya. Kelas ini akan terbuka untuk semua difabel yang berminat untuk mempelajarinya, dengan tanpa menyekat                           jenis kedifabelan.  

“Kelas ini terbuka untuk semua teman difabel yang ingin belajar atau mendalami bahasa Inggris,” kata Poppy Diah Puspitosari selaku pengagas.

Program belajar bahasa Inggris untuk difabel yang baru akan dimulai pada awal Maret besok, memiliki tim pengajar sukarela. Salah satunya adalah Laeli Yuntari difabel pengguna kursi roda yang memiliki kemampuan bahasa Inggris mumpuni, dan Sigit difabel Netra yang masih menjadi mahasiswa jurusan bahasa Inggris di sebuah kampus swasta di wilayah Kota Cimahi.

Menurut Laeli, pada pembahasan rencana program bahasa Inggris untuk tingkat dasar ini akan dijadwalkan setiap Sabtu selama tiga, mulai dari pukul sepuluh pagi. Pemberian materi akan berbeda pada setiap pertemuannya dan saling berkaitan, disesuaikan juga dengan tingkat kemampuan dari pesertanya.

“Proses belajar akan dibuat menyenangkan, lebih praktis dan aplikatif,” jelas Laeli.

Para tim pengajar pun memiliki harapan serupa, agar para peserta dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya, serta aplikatif sebelum memasuki tahapan selanjutnya sesuai dengan tujuan dari masing-masing pesertanya.

Yang menjadi unik dari kelas bahasa Inggris ini bukan saja dari peserta didiknya yang akan mencakup seluruh jenis kedifabelan saja. Lebih dari itu, tim pengajar yang terdiri dari tiga orang, dua diantaranya pun dari difabel juga.

 

Wartawan : Srikandi Syamsi

Editor         : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.