Lompat ke isi utama
ilustrasi gambar untuk tempat wisata Cimory

Cimory On The Valley Semarang, Sudahkah Akses bagi Difabel?

Solider.id, Semarang - Cimory On The Valley yang ada di Semarang adalah tempat wisata dari Cimory yang sudah ada sebelumnya di Bogor dengan nama Cimory Mountain View. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh anak-anak karena Cimory On The Valley menyuguhkan wisata yang edukatif dan menyenangkan untuk belajar mengenai alam dan hewan.

Tempat wisata keluarga yang berlokasi di Jl. Raya Soekarno Hatta KM. 30 Bawen Semarang Jawa Tengah juga terdapat Cimory Farm, yang di dalamnya terdapat beberapa jenis hewan seperti burung, rusa, ikan, sapi hingga kura-kura. Di tempat ini juga terdapat area perkebunan untuk menanam berbagai jenis sayuran dan memberi makan hewan seperti kambing dan kelinci. Serta terdapat beberapa fasilitas lain seperti restoran, toko souvenir, playground, dan toko khusus cokelat.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata yang berjarak 25 km dari pusat kota Semarang ini bervariatif. Namun sayangnya kawasan wisata ini belum bisa dikatakan aksesibel terhadap pengunjung difabel, khususnya pengguna kursi roda. Meskipun di bagian pintu masuk setelah area parkir terdapat ramp, namun pengunjung yang hendak memasuki toko oleh-oleh harus melewati portal yang tidak bisa dilewati oleh kursi roda. Untuk memasuki toko cokelat dan pintu masuk taman pun pengunjung harus melalui jalan bertangga.

Fikri Muhandis sebagai wisatawan Tuli dari Yogyakarta yang ikut berkunjung bersama Solider.id pada awal bulan Desember 2018, menyampaikan beberapa fasilitas aksesibel yang sudah tersedia namun masih kurang maksimal. “Ada petunjuk arah tapi tidak mudah dilihat. Saat hujan, kami juga harus berlari kembali naik ke atas karena di dalam taman tidak ada tempat berteduh. Tempat istirahat seperti kursi-kursi juga tidak banyak tersedia”, ujar Fikri dengan bahasa isyarat.

Ketika ingin membeli oleh-oleh, Fikri dan beberapa teman Tuli lain yang ikut berkunjung menemui hambatan karena tidak semua barang yang dijual terdapat label harga. Hanya beberapa item saja yang terdapat informasi harga, seperti susu dan souvenir. Sehingga saat hendak memilih oleh-oleh, pengunjung Tuli perlu bertanya langsung pada petugas di sekitar toko.

Nazwa Sharfina yang juga seorang Tuli menilai bahwa Cimory sudah sangat akses baginya secara mandiri karena suda ada petunjuk arah. “Akses banget soalnya sudah ada petunjuk dimana-mana jadi Tuli gampang memahami dan petugasnya juga lumayan ramah. Tapi belum tahu juga apakah akses bagi difabel lain”, pungkas Nazwa.

Petugas tiket Cimory juga mengakui bahwa tempat wisata ini belum akses bagi pengguna kursi roda. Pengguna kursi roda bisa masuk melalui parkiran di bawah dan itu pun hanya menuju ke cafe. Selain itu lokasi wisata di Bawen Semarang ini merupakan wilayah perbukitan sehingga area wisata ini memiliki banyak anak tangga. Di sisi lain, kawasan wisata ini ramah untuk anak karena memiliki sisi edukasi dan banyak terdapat gambar-gambar menarik. Saat Solider.id berkunjung pun, sebagian besar pengunjung adalah anak-anak yang bermain di area taman kelinci dan bunga.

Melihat dari bentuk aksesibilitas bagi pengunjung netra, Cimory On The Valley belum dilengkapi guiding block maupun infomasi menggunakan huruf braille. Meskipun informasi sudah berbentuk audio dan dapat dinikmati oleh pengunjung yang bisa mendengar, sayangnya tidak ada informasi dalam bentuk visual saat ada pengumuman. Bisa jadi pengujung Tuli tertinggal informasi yang disampaikan melalui audio.

Harga tiket masuk Cimory sebesar Rp 15.000,- dengan fasilitas gratis 1  pcs tempe mendoan, 2 pcs tahu goreng, gratis 1 pc minuman, voucher Rp 10.000,- untuk memberi kue moo moo roll, dan diskon 20% 1 pc es krim Eskimo. Cimory on the Valley dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 21.00 WIB, khusus hari Sabtu buka sampai pukul 22.00 WIB.

Liburan akhir tahun sudah semakin dekat. Banyak pilihan tempat wisata untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Tempat wisata edukatif merupakan sarana hiburan yang strategis bagi keluarga. Idealnya, tempat wisata sepeti ini didesain agar setiap orang dapat menikmati berbagai fasilitas di dalamnya tanpa memiliki hambatan sedikitpun. Cimory On The Valley sudah ssemestinya berbenah untuk menambah sarana aksesibilitas agar tempat wisata edukatif ini semakin ramah pada siapapun.

 

Wartawan     : Ramadhany Rahmi

Editor            : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.