Lompat ke isi utama
Salah satu relawan di temu Inklusi 2018

Relawan Turut Mensukseskan Temu Inklusi 2018

Solider.id, Gunung Kidul- Semaraknya Temu Inklusi 2018 tidak lepas dari peran para relawan. Suharto yang ditemui usai acara pembukaan pada Senin (22/10) di Balai Desa Plembutan, Playen, Gunung Kidul mengungkapkan apresiasinya. "Para relawan telah bekerja keras, semalam malah mereka membantu sampai jam 12 malam. Secara pribadi saya membarikan acungan jempol, pada mereka, termasuk juga pada Bu Kades," tuturnya.

Selain itu, Direktur Eksekutif SIGAB Yogyakarta ini juga mengungkapkan bahwa keberhasilan Temu Inklusi ini tidak lepas dari peran masyarakat Desa Plembutan, dan juga Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Kidul.

Suharto menyebut bahwa salah satu kunci keberhasilan Temu Inklusi tahun ini dikarenakan masyarakat turut merasa memiliki acara ini. Proses untuk mendapatkan dukungan masyarakat ini dimulai dari Kepala Desa, Edi Supriyanti, yang ketika dihubungi pertama kali langsung memberikan kesediaan untuk menjadi tuan rumah.

Selama kurang lebih dua bulan persiapan, panitia yang terlibat sebagian besar adalah penduduk desa. Sementara SIGAB lebih banyak melakukan penyesuaian, serta memberikan masukan pada saat koordinasi.
Suharto juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul juga membantu memberi beragam fasilitas. "Jadi karena kita pengajuannya terlambat sehingga tidak ada anggarannya. Tapi pemerintah membantu apa yang bisa dilakukan misalnya membuka posko kesehatan, menyediakan genset, menyediakan mobil beserta biaya transportnya," tambahnya.

Pada pelaksanaan seluruh rangkaian acara ini, sebagian kerja memang dilakukan oleh para relawan. Kerja mereka meliputi penyediaan makanan, transportasi, pengisi acara, penyediaan pondokan, dan lain-lain.

Sementara itu, Surasawadi, Koordinator Lapangan Tagana yang ditemui di tempat yang sama mengapresiasi semangat Difabel yang mengikuti acara ini. Dia mengungkapkan bahwa dalam pekerjaannya Tagana sudah dilengkapi ketrampilan dasar sehingga tidak memiliki hambatan berarti dalam memberikan asistensi bagi Difabel. Selama bekerja tim dibagi dalam 2 shift, pagi dan siang. "Sesuai dengan slogan kami one rule, one command, one corp. Jadi kami selalu siap sedia memberikan layanan," jelasnya. [Ida Puji]

The subscriber's email address.