Lompat ke isi utama
closing Asian Para Games

Perayaan Penutupan Asian Para Games Akses Bagi Tuli

Solider.id, Jakarta - Agenda upacara penutupan resmi helatan akbar olah raga difabel tingkat Asia dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Yusuf Kalla beserta istri. Mengambil lokasi di Lapang Madya area GBK Jakarta, Sabtu malam (13/10) berlangsung dengan tertib.

Pada acara penutupan Asean Para Games 2018, jauh lebih akses untuk para difabel Tuli. Dari detik pembukaan, di layar lebar panggung terdapat juru bahasa isyarat (JBI) yang turut menerjemahkan setiap ucapan, baik dari pembawa acara hingga sambutan dari semua pihak dialihkan ke bahasa isyarat.

Ini yang membedakan dengan saat acara pembukaan pada minggu lalu. Difabel Tuli akan jauh lebih memahami isi setiap kata dan menyimak yang disampaikan pada acara penutupan. Akses bahasa isyarat yang diperagakan oleh seorang pria muda selalu ditampilkan di layar, termasuk saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Namun sedikit disayangkan, beberapa penonton Tuli tidak diberikan akses masuk karena tiket yang tersedia sudah habis. Padahal, di dalam area Lapangan Madya lahan yang diperuntukkan khusus bagi pengunjung difabel masih longgar. Tempat khusus untuk penonton difabel berada tepat di depan panggung.

Kondisi tersebut sangat disayangkan oleh para difabel Tuli yang tidak dapat menyaksikan secara langsung gelaran acara penutupan AsIan Para Games 2018 kemarin. Sementara mereka yang berada di dalam arena dan menonton langsung mendapatkan akses informasi yang baik dengan adanya juru bahasa isyarat (JBI) disetiap segmen.

Prasarana aksesibilitas yang telah berhasil ditingkatkan tim panitia Asian Para Games, masih saja tersandung oleh kepuasan para difabel Tuli yang tidak diberikan akses masuk. Selain tempat khusus bagi difabel yang masih longgar. Di bagian tribun penonton pun masih tersisa kursi-kursi kosong.

Keada seperti ini sangatlah wajar untuk gelaran acara besar, namun tetap akses kesempatan masih harus diberikan kepada para difabel, terlebih Asean Para Games merupakan pesta olah raga khusus bagi masyarakat difabel. Sangat wajar setiap penonton difabel berharap mendapat akses dan fasilitas yang disediakan. [Srikandi Syamsi]

The subscriber's email address.