Lompat ke isi utama
penonton APG di GBK

Asian Para Games Menjadi Ajang Edukasi Pengunjung

Solider.id, Jakarta - Tujuan lain dari para pengunjung yang menghadiri laga tanding para atlet Asian Para Games di Jakarta, ternyata tidak hanya sekedar untuk menonton dan memberikan dukungan kepada atlet Indonesia. Mereka juga memiliki rasa keingin tahuan yang besar terhadap siapa dan bagaimana sosok difabel.

Seperti yang diungkapkan kedua ibu muda Sely dan Tami dari Jakarta yang ditemui di arena Lawn Ball, Rabu (10/10) mereka mengaku melihat acara Asian Para Games ini dari televisi. Rasa keingin tahuan yang besar terhadap difabel akhirnya  mereka memutuskan untuk nonton langsung ke arena GBK.

"Saya penasaran dengan atlet difabel, bagaimana mereka bermain di lapangan dan bertanding, jadi kami putuskan melihatnya sambil memberikan dukungan pada mereka," kata Sely.

Baik Sely maupun Tami, keduanya mengaku masih awam mendengar kata difabel, dan memiliki kemampuan seperti yang dilihatnya di televisi.

"Saya terharu pas lagu Indonesia Raya dinyanyikan oleh mereka yang berhasil dapat medali," tambahnya.

Sedikit berbeda dengan kedua ibu muda tersebut, Irma pengunjung asal Tangerang sengaja mengajak putra putrinya ke GBK untuk melihat langsung atlet Indonesia bertanding.

Ia yang notabennya pernah menjadi relawan difabel Netra di saat kuliah di Bandung, ingin mengajarkan dan menumbuhkan rasa awareness kepada buah hatinya sejak dini.

"Saat kuliah di Bandung, saya pernah jadi relawan Netra sebagai reader," kata Irma.

Irma menyampaikan, secara pribadi dirinya hanya ingin memperkenalkan tentang individu difabel pada kedua anaknya. Dengan memperlihatkan secara nyata kemampuan para atlet difabel akan lebih mudah memberikan pengertian dari sudut pandang anak-anak.

"Biasanya saya berikan pemahaman dari segi ilmiah untuk menjawab pertanyaan dari anak," tuturnya

Jawaban yang ia berikan biasanya tergantung apa yang dilihat oleh anak-anaknya. Misalkan, melihat difabel Daksa penjelasan ringan yang diberikan seperti sebab kecelakaan lalulintas, atau amputasi. Disisi lain ia juga menunjukan kemampuan difabel yang dapat dilihat langsung oleh anak-anaknya.

Asian Para Games yang menjadi ajang berkumpulnya atlet se-Asia menjadikan sarana wisata edukasi para pengunjung untuk lebih mengenali kemampuan difabel kususnya dalam bidang olah raga. [Srikandi Syamsi]

The subscriber's email address.