Lompat ke isi utama
Raja Sapta Oktohari sedang memebrikan sambutan di Pembukaan Asian Para Games 2018

Bahasa Isyarat Tampil Pada Pembukaan Asian Para Games 2018

Solider.id, Jakarta- Selain eforia kemeriahan gelaran layaknya sebuah even pesta akbar olahraga pada umumnya, ada hal menarik pada puncak acara pembukaan Asean Para Games kali ini. Bahasa isyarat yang menjadi akses komunikasi bagi difabel Tuli ditampilkan meski sesaat di pembukaan Asian Para Games 2018.

Kata ungkapan 'Terima kasih' diperagakan oleh salah satu pengisi acara hiburan di sesi pembuka. Yang menjadi unik, bahasa isyarat tersebut diperagakan oleh seorang perempuan nondifabel. Peraga itu mengajak seluruh pengunjung yang hadir untuk ikut menirukannya.

Tak hanya kata ungkapan 'Terima kasih' saja yang disampaikan dalam bahasa isyarat. Pada pertengahan acara, sebait puisi inspirasi dimunculkan dalam bahasa isyarat yang dilengkapi teks berbahasa indonesia.

Tokoh inspirasi difabel Tuli Surya Sahetapy menjadi salah satu tamu khusus pengisi di acara pembukaan Asean Para Games tersebut. Selain penampilan Surya Sahetapy, kelompok tari difabel dari Smile Motivator asal kota Bandung pun turut memeriahkan upacara pembukaan. Meski hanya sekilas disajikan, tampilan bahasa isyarat yang diangkat dalam acara pesta olah raga tingkat Asia ini telah diberi ruang sosialisasi.

Upacara pembukaan Asean Para Games ke-3 pada 2018 yang digelar di Jakarta, Sabtu (6/10) di stadion Glora Bung Karno, dihadiri langsung oleh Joko Widodo beserta Iriana Widodo. [Srikandi Syamsi]

The subscriber's email address.