Lompat ke isi utama
Para driver melakukan tes drive motor roda tiga yang akan digunakan dalam Asean Para Games. (potho kiriman Taufik)

Driver Difabel Ikonik Pesta Asean Para Games 2018

Solider.id, Bandung – Driver gojek roda tiga, akan melengkapi akses transportasi selama Asean Para Games ke-3 yang akan digelar di Jakarta. Dalam perencanaannya, acara pesta olah raga khusus bagi difabel ini akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 13 Oktober mendatang.

“Saya ambil kesempatan menjadi driver di Asean Para Games ini,” ungkap Taufik kepada Solider.id, Jum’at (5/10) yang dihubungi via WhatsApp.

Ia merupakan salah satu difabel asal Kota Bandung yang mengikuti seleksi untuk posisi driver pada Asean Para Games ini.

Yang unik dari helatan ajang olah raga difabel tingkat Asia kali ini adalah adanya fasilitas motor roda tiga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Bukan sekedar alat mobilitas transportasinya saja yang biasa digunakan oleh individu difabel, bahkan driver-nya pun para difabel yang ditugaskan kepanitiaan secara resmi selama acara berlangsung.

Menutur penuturan Taufik, menjelang H-1 pembukaan Asean Para games dibuka, para difabel yang bertugas sebagai driver ini sudah berkumpul di wisma atlet kawasan Kemayoran Jakarta.

Sementara, motor roda tiga yang nantinya akan dipergunakan sudah berada di stadion Gelora Bung Karno. Para driver ini akan bertugas mulai hari ini, Sabtu 6 Oktober  dengan ranah tugas di sekitar kawasan GBK.

“Kita semua akan diantar jemput dari wisma ke GBK,” kata pria yang akrab disapa Opik.

Ia sedikit memberikan gambaran tentang jarak antara halaman GBK dengan pintu masuk dan venue pertandingan di area stadion yang lumayan luas dan jauh. Cabang olaga raga yang dipertandingkan pun lebih banyak di kawasan stadion tersebut.

Tugas utama para driver gojek motor roda tiga ini adalah mengantarkan penumpang baik pengunjung atau atlet difabel dari pintu masuk ke venue yang dituju. Bagi para difabel yang pengguna kursi roda bisa dilayani oleh driver motor sespan, sehingga tidak perlu berpindah dari kursi rodanya. Dan untuk difabel lain dapat dilayani menggunakan motor rota tiga biasa.

Selain dari Kota Bandung, ada juga dari kota lainnya seperti: Depok, Bekasi, Jakarta, dan Bogor. Mereka semua difabel Daksa yang bertugas selama Asean Para Games berlangsung sebagai driver gojek motor roda tiga. [Srikandi Syamsi]

The subscriber's email address.