Lompat ke isi utama
Komunitas DAC sedang berfoto bersama dengan Toko Pedia

Menjembatani Komunitas Tuli melalui Bantuan Alat Produksi Merchandise

Solider.id, Yogyakarta- Tokopedia merupakan salahsatu pusat perbelanjaan daring/online di Indonesia. Tokopedia pertamakali diluncurkan pada Februari 2009 dengan visi Membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet. Selain itu juga Tokopedia memiliki program yang mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.

Tokopedia dengan visinya memberikan bantuan alat produksi terhadap komunitas Tuli yaitu Deaf Art Community (DAC) Yogyakarta. Bantuan alat produksi tersebut diberikan langsung Tokopedia terhadap teman Tuli di sekretariat DAC yang beralamat di Jl. Langenarjan Lor No. 16 A Kelurahan Panembahan Kraton Yogyakarta pada 14 September 2018.

“Fokus kita memang mendatangi komunitas, yayasan maupun sekolah yang teman-teman atau mereka berkebutuhan khusus tapi mereka memproduksi atau menghasilkan barang atau produk yang kita bisa bantu dari segi alat produksi”, ungkap Siti Fauziyah selaku Senior Communications Lead dari Tokopedia.

Alat bantu yang diberikan Tokopedia kepada DAC berupa alat cetak pin, sticker, cetak ticker mug, dan laptop. Selain DAC Jogja yang mendapatkan bantuan alat produksi, juga ada tujuh kota yang lainnya seperti Bandung dengan produksi kaki palsu.

Gustian Hafidh Mahendra sebagai pilot DAC menyampaikan sambutannya dalam bahasa isyarat, “Bantuan alat produksi ini sebagai dukungan dan kesempatan bagi teman-teman Tuli di Yogyakarta untuk berkarya. Seperti yang kita ketahui, Tuli Yogyakarta banyak yang menganggur. Dengan adanya bantuan alat produksi dari Tokopedia ini, kami berharap Tuli bisa bekerja dan mandiri.”

Kepada Solider, Zakka Nurul Giffari Hadi salah seorang seniman Tuli anggota DAC, menyampaikan ketertarikannya dengan program ini. “Saya menjual tas, kaos, dan pouch lukis bertemakan bahasa isyarat. Selama ini saya berjualan melalui instagram. Pendapatanya sekitar Rp 500.000,- per bulan. Kalau buka stand, bisa menghasilkan Rp 4.000.000,- dalam 2 minggu. Saya berharap ada bantuan dan dukungan dari Tokopedia ini bisa meningkatkan usaha saya”.

Tidak hanya diberikan bantuan berupa alat produksi, Tokopedia melalui TOP Community juga akan memberikan pendampingan berupa workshop dan berbagi pengalaman pelaku usaha yang sudah berpengalaman berjualan di Tokopedia kepada komunitas Tuli. [Ramadhany Rahmi]

The subscriber's email address.