Lompat ke isi utama
Suwondo,difabel netra lowvision atlet Lawn Bowls saat mengikuti Torch Relay Asian Para Games 2018 di halaman balai kota Surakarta.

Suwondo Siap Rebut Emas Cabor Lawn Bowls di Asian Para Games 2018

Solider.id, Surakarta- Ditemui saat Torch Relay Asian Para Games 2018, Suwondo difabel netra low vision dan atlet Lawn Bowls yang berasal dari Sukoharjo mengatakan siap untuk merebut emas Cabang olahraga baru bernama Lawn Bowls.

Suwondo menargetkan perolehan medali emas untuk kategori yang dia ikuti. “Pasti dong target saya adalah memperoleh emas,” pungkas bapak satu anak yang sehari-hari bekerja dengan memproduksi minuman jamu herbal dengan merek “Centhini” ini.

Lawn Bowls merupakan salah satu jenis olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Para Games 2018. Lawn Bowls adalah olahraga melempar bola dengan jarak 23-40 meter ke arah poin yang disebut dengan Jack.

Olahraga ini dilakukan dengan empat kali giliran lempar bola. Setiap Tim akan mendapat poin dari bola yang dilempar paling mendekati bola Jack. Ada delapan zona di lapangan Lawn Bowls. Setiap zona berukuran 5x40 meter. Adapun luas arena Lawn Bowls adalah 40x40 meter.

Lawn Bowls hampir mirip dengan Boccia, namun sebenarnya sangat berbeda. Bola pada Lawn Bowls tidak bulat utuh melainkan agak pipih di bagian sisinya. Bola dilemparkan sejauh mungkin dan harus mendekati bola Jack. Karena itu melemparnya harus dengan sudut lengkung tertentu. Bobot bola Lawn Bowls juga cukup berat yakni 0,8-1 kilogram. Sedangkan jenis bolanya ada tiga, menyesuaikan dengan ukuran tangan para atlet yang bertanding di Asian Para Games, 6-13 Oktober 2018. Olahraga baru yang berasal dari Australia ini bisa dimainkan tunggal, berdua atau beregu.

Lebih lanjut Suwondo menjelaskan olahraga ini sebenarnya sudah lama diperkenalkan dan biasanya olahraga untuk umum dan lansia. Saat ini yang akan diajukan pertandingan di Asian Para Games nanti adalah tunggal dan double mix/ganda campuran.

“Yang ikut nanti adalah difabel netra Kan B1 netra total, B2 netra low vision sampai B4 lowvision jauh dan B5 untuk atlet kursi roda dengan kemampuan gerak yang sangat terbatas,” terang Suwondo.

Selain itu ada kategori B6 untuk atlet kursi roda polio, B7 untuk atlet daksa tanpa kedua atau salah satu kaki, B8 untuk atlet daksa tanpa kedua atau salah satu lengan. Ada 11 atlet difabel Indonesia yang akan berlaga di cabor Lawn Bowls Asian Para Games 2018. [Puji Astuti]

The subscriber's email address.