Lompat ke isi utama
Puan Maharani saat berfoto bersama wali kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo difabel yang menyambutnya di Torch Relay Parade Asian Para Games 2018

Puan Maharani Harapkan Asian Para Games Sukses

Solider.id, Surakarta- Menteri koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK), Puan Maharani mengharapkan kesuksesan Asian Games 2018 yang baru selesai diselenggarakan 2 September akan berulang saat penyelenggaraan Asian Para Games 6-13 Oktober mendatang. Dia berharap, Indonesia masuk di tujuh besar.

“Kalaupun misalnya terpeleset ya, terpelesetnya naik ke peringkat atasnya,” kata Puan dalam pidatonya saat Parade Indonesia Asian Para Games 2018 di Halaman Balai Kota Surakarta, Rabu (4/9). Menurutnya, hal ini masuk akal karena Indonesia adalah juara umum saat Asean Para Games 2017 lalu.

Puan juga mengemukakan bahwa Asian Para Games 2018 diikuti 41 National Paralimpic Commitee (NPC) dengan 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Sedangkan fasilitas kamar ada sejumlah 2.500 di Wisma Atlet. “Fasilitas ini dalam satu bulan ke depan akan diubah supaya lebih ramah difabel. Kita baru bisa bekerja setelah penyelenggaran Asian Para Games ditutup,” ungkapnya.

Saat Asian Para Games 2018 nanti, atlet, pelatih dan oficial berjumlah sekitar 5.000 orang, dimana sepertiga dari jumlah peserta Asian Games yaitu 17.240 orang. “Maskot Asian Para Games kali ini adalah si Momo, singkatan dari Mobility dan Movement, yakni seekor Elang Bondol khas Jakarta yang hanya hidup di Kepulauan Seribu,” terang Puan.

Terkait bonus atlet, Puan juga mengatakan bahwa jumlahnya sama dengan atlet Asian Games yang baru saja menorehkan banyak prestasi.

Asian Para Games sendiri, pertama kali diselenggarakan di Guangzhou. Pada pagelaran kali ini, merupakan ketiga kalinya dan menjadi momen pertama diadakan di salah satu negara di Asia Tenggara.

Asian Para Games 2018 akan digelar di dua provinsi yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat, namun berpusat di DKI Jakarta. Torch Relay Parade dan Paralympian Festival of Asian Para Games, diawali saat pengambilan api abadi di Mrapen, Grobogan menuju kota pertama, Solo, sebelum diberangkatkan pada 9 September, bertepatan Hari Olahraga di Kota Ternate. [Puji Astuti]

The subscriber's email address.