Lompat ke isi utama
Sekda Jabar dukung buku panduan Autistik. (Dukumentasi Disdik Jabar)

Jawa Barat Segera Luncurkan Buku Panduan Autistik

Solider.id, Bandung – Kolaborasi antara komunitas, pemerhati isu Autis dan Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Jawa Barat hasilkan buku panduan praktis tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Autis.

Iwa Karniwa Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, hadir memenuhi undangan Gebyar Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) provinsi Jawa Barat di salah satu mall Jalan Naripan Kota Bandung. Pada kesempatan tersebut, Iwa turut menandatangani kolaborasi pembuatan buku bertajuk Autistik, Sabtu Malam (25/8)

“Panduan praktis menjadi guru dan orang tua yang hebat bagi anak dengan gangguan autistik, demikian buku yang akan segera diluncurkan,” kata Juju Sukma dari Komunitas dan pemerhati Autis.

Menurut yang diagendakan, buku tersebut akan di launching pada September mendatang. Buku kolaborasi harmoni antara pendidikan formal, nonformal dan informal.

Mewakili Dinas Pendidikan provinsi, Asep Rachmat menyampaikan harapannya. Pihaknya berharap agar buku yang akan segera dipubilkasikan tersebut menjadi sebuah awal yang baik untuk kemandirian bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), termasuk para orang tua maupun guru pendidik mereka.

“Buku tersebut nantinya akan diseberkan di kalangan Dinas Pendidikan (Disdik) dan dikomersialkan juga untuk kalangan masyarakat umum,” ungkap wanita yang akrab dengan panggilan Bunda Juju ini.

Minimnya pemahaman terhadap difabel terlebih pada ABK Autis yang secara kasatmata ke-autisannya sulit dideteksi, memang perlu edukasi secara detail. Pola asuh dalam lingkup keluarga, cara menerapkan didikan serta kapasitas kemampuan yang dimiliki individu autis dapat dibentuk dan diterapkan sedini mungkin.   

Melalui sistem mendidik yang tepat kepada para Autis, baik mulai dari keluarga, sekolah dan lingkungan luas, terbukti banyak ABK Autis yang mampu berprestasi, bahkan hingga ke kancah luar negeri. [Srikandi Syamsi]

The subscriber's email address.