Lompat ke isi utama
beerlatih meracik kopi

Decop Adakan Pelatihan Meracik Kopi Pada Difa Tuli

Solider.id, Pati – Decop (Deaf Community Of Pati) bersama Java Legend mengadakan pelatihan meracik kopi pada teman-teman Tuli bertempat di Paud Joglo, Muktiharjo Pati, Minggu (19/08). Pelatihan ini diikuti oleh 23 peserta teman-teman Tuli. Sebelum pelatihan meracik kopi dimulai Decop memberikan pembelajaran tentang Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) pada orang-orang sekitar. Kegiatan ini juga diikuti  oleh fotografer dari Amerika.

Antusiasme teman-teman Tuli mengikuti pelatihan ini sangat tinggi, karena mayoritas baru pertama kali mengikuti pelatihan meracik kopi. Seperti halnya Dayu, salah satu anggota Decop yang mengikuti kegiatan ini mengaku senang karena pertama kalinya ikut serta dalam pelatihan meracik kopi.

“Saya sangat senang mengikuti pelatihan meracik kopi, karena saya bisa tahu bagaimana meracik kopi yang baik dan ini baru pertama kali saya belajar meracik kopi.” Ucap Dayu

Andhika Aminuddin, selaku ketua Decop memaparkan bahwa tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengalaman baru pada teman-teman Tuli. “Saya mengadakan pelatihan ini untuk memberikan semangat baru kepada teman-teman Decop.” Kata Dhika.

Ia berharap agar selepas pelatihan ini, teman-teman Tuli selain mendapatkan pelajaran baru agar terinspirasi untuk membuat usaha kopi.

Sementara itu instruktur sekaligus roaster dari Java Legend, Ipung Lamadua menjelaskan bahwa ia sangat senang dan tertarik untuk memberikan pelatihan tentang tata cara meracik minuman kopi yang benar.

“Saat Decop mengajak saya untuk memberikan edukasi tentang kopi, jujur saya sangat gembira dan antusias untuk mengajarkan meracik kopi pada teman-teman Tuli.” Tukas om Ipung sapaan akrabnya.

Dalam memberikan pelatihan-pelatihan tentang kopi, ia mengaku pasti ada kendala-kendalanya tak terkecuali dalam pelatihan dengan teman-teman Tuli yang kendalanya dalam komunikasi.

“Kendala disini dalam komunikasi, tetapi ada solusinya yaitu ada penerjemahnya dan bisa juga lewat tulisan.” Terangnya.

Saya berharap pengetahuan mereka tentang kopi bertambah dan berani untuk meracik kopi sendiri dirumah, lebih jauh lagi mereka berani untuk membuka usaha kopi. [OB]

The subscriber's email address.