Lompat ke isi utama
suasana diskusi ciqal

Yayasan Ciqal Dorong Komunitas Desa Kenali Perdes

solider.id, Yogyakarta - Pembangunan perspektif keadilan menjadi rujukan baru pendekatan pembangunan. Lebih dari tiga tahun undang-undang No. 6/2014 tentang Desa menjadi sebuah alat pendekatan pembangunan. Meskipun hukum atau undang-undang menjamin pentingnya kebijakan inklusi dengan melibatkan komunitas difabel sebagai warganya di dalam perencanaan dan pembangunan khususnya di desa.

Sebagai bagian dari upaya untuk mendorong munculnya kebijakan desa yang lebih inklusif bagi difabel, CIQAL bekerjasama dengan Forum Komunikasi Desa Sinduadi (Forkomdesi) dan Forum Keluarga Difabel Sariharjo (FKDS). Acara yang dilaksanakan di Prima SR Hotel & Convention, Jl. Magelang KM. 11 Tridadi Kec. Sleman Kab. Sleman dihadiri oleh 21 orang peserta. (8/7)

Selain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi  difabel dalam mewujudkan kontribusi positif bagi lahirnya kebijakan desa yang inklusif, kegiatan ini juga bertujuan adanya rumusan pokok-pokok ketentuan yang akan diatur dalam Peraturan Desa tentang Partisipasi Difabel dalam Perencanaan dan Proses Pembangunan Desa.

Nuning Suryatiningsih selaku direktur CIQAL dalam sambutannya menyampaikan, “Kita akan mencoba memetakan masalah dari hasil identifikasi masalah yang sudah pernah kita lakukan sebelumnya dan akan kita kerucutkan kembali, akan tetapi sebelumnya kita bahas proses penyusunan peraturan desa seperti apa”.

Beberapa yang menjadi poin dalam identifikasi masalah di Desa Sinduadi maupun Desa Sariharjo diantaranya, difabel kurang aktif / pro aktif mengaktualisasikan dirinya, pemerintah desa belum memahami kebutuhan difabel dan konsep inklusi, difabel masih direndahkan atau dianggap tidak perlu dilibatkan dalam kegiatan desa, dan lain sebagainya.

Setelah mengenal proses penyusunan peraturan desa dan melakukan pemetaan masalah, pada minggu berikutnya masing-masing komunitas akan berproses bersama merumuskan pokok-pokok ketentuan yang akan diatur dalam Peraturan Desa tentang Partisipasi Difabel dalam Perencanaan dan Proses Pembangunan Desa. [Ramadhany Rahmi]

The subscriber's email address.