Lompat ke isi utama
ilustrasi beasiswa bagi difabel nera

Peluang Beasiswa Perguruan Tinggi bagi Difabel Netra

Solider.id, Semarang -  Tahun ajaran baru periode 2018 – 2019 akan segera dimulai. Masyarakat Indonesia tengah disibukkan dengan aktivitas pemilihan institusi Pendidikan yang tepat untuk menuntut ilmu. Begitu pula dengan masyarakat difabel.  Bagi difabel, di samping menentukan tempat bersekolah yang sesuai minat, mereka juga perlu mempertimbangkan aksesibilitas sekolah atau perguruan tinggi yang mereka pilih. Ketidakaksesan institusi Pendidikan dapat berpengaruh pada perkembangan akademik peserta didik. Dari sekian banyak institusi Pendidikan yang ada di Indonesia, belum semua dapat mengakomodasi siswa atau mahasiswa difabel.

Di samping itu, alasan lain yang membuat difabel enggan untuk melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi adalah lemahnya kemampuan ekonomi. Namun, sekarang ini hambatan ekonomi tidak perlu lagi menjadi prmasalahan besar bagi difabel netra yang ingin berkuliah. Kini, beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah terbuka dengan memberikan kesempatan kuliah serta beasiswa Pendidikan gratis.

Sebagai referensi, berikut perguruan-perguruan tinggi yang memberikan fasilitas beasiswa pendidikan gratis bagi difabel netra:

  1. Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Perguruan tinggi ini terletak di ibukota Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya berada di tengah kota. Universitas Dian Nuswantoro ini adalah perguruan tinggi swasta yang terakreditasi A. Udinus baru memberikan kesempatan beasiswa Pendidikan gratis di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dengan Program Studi S1 Sastra Inggris. Hal tersebut dikarenakan program studi lain belum dapat mengakomodasi difabel netra.

Difabel netra yang diterima oleh pihak Udinus setiap tahun ajaran baru berjumlah 2 orang. Dikutip dari blog milik Mahasiswa Tunanetra Jawa Tengah yang disingkat Mahanetra Jateng, berikut informasi persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar kuliah di Udinus Semarang.

 Calon pelamar beasiswa wajib menyereahkan berkas persyaratan beasiswa seperti:

  1. Surat permohonan kepada ketua DPD Pertuni Jawa Tengah yang berisi permohonan mendapatkan beasiswa untuk belajar di Program Studi S1 Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Surat tersebut perlu dilampiri dengan fotokopi KTP, fotokopi KTAP atau keterangan dari ketua DPC Pertuni bahwa yang bersangkutan merupakan anggota aktif Pertuni setempat. Jika belum aktif, maka yang bersangkutan harus sanggup bergabung dengan Pertuni cabang setempat.
  2. Fotokopi berkas yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah lulus
  3. Fotokopi rapor kelas 3 (tiga) SLTA

Meskipun sudah termasuk kampus inklusif, Udinus belum mempunyai pusat layanan difabel. Oleh karena itu, mahasiswa difabel netra di perguruan tinggi ini dilatih untuk mandiri. Sistem perkuliahan yang diterapkan pada difabel netra berbasis komputerisasi. Jika mengalami kendala dalam mengakses materi kuliah, mahasiswa difabel netra bisa bekerjasama dengan mahasiswa lain dan berkonsultasi langsung dengan dosen. Meski belum bisa dikatakan sepenuhnya kebutuhan mahasiswa difabel netra terpenuhi, materi perkuliahan telah dibuat seaksesibel mungkin agar dapat diakses melalui computer bicara.

  1. Universitas Stikubank Semarang

Perguruan tinggi berikutnya yang juga memberikan kesempatan beasiswa Pendidikan gratis bagi difabel netra yaitu Universitas Stikubank Semarang (Unisbank). Kesempatan beasiswa pendidikan di Unisbank tersedia pada dua fakultas yaitu Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya dengan Program Studi S1 Sastra Inggris dan Fakultas Hukum dengan Program Studi S1 Ilmu Hukum. Meski demikian, pihak Universitas Stikubank memiliki kewenangan untuk mengalihkan penerimaan mahasiswa difabel netra meskipun tidak sesuai dengan pilihan. Adapun jumlah difabel netra yang diterima, bergantung sepenuhnya pada kebijakan Universitas Stikubank karena sebenarnya kuota beasiswa Pendidikan gratis tersebut ditujukan kepada anak yatim. Namun, jika kuota tersebut tidak terpenuhi, maka barulah dialihkan kepada difabel netra.

  1.  Surat Permohonan kepada ketua DPD Pertuni jawa tengah yang berisi:
  1. Permohonan mendapatkan beasiswa untuk belajar di Fakultas Bahasa dan Ilmu budaya atau Fakultas Hukum Universitas Stikubank
  2. Program studi yang dipilih adalah S1 Sastra Inggris atau S1 Ilmu Hukum.

Surat rekomendasi perlu dilengkapi dengan fotokopi KTAP (Kartu Tanda Anggota Pertuni) atau surat keterangan dari DPC Pertuni setempat bahwa yang bersangkutan adalah anggota dari DPC Pertuni tersebut. Bagi yang belum aktif, maka yang bersangkutan harus sanggup aktif di DPC Pertuni cabang setempat.

Nilai rata-rata rapor kelas XII harus mencapai minimal 7,0 atau nilai rata-rata pada Ujian Nasional minimal 7,0

Pelamar juga wajib mencantumkan fotokopi Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir sebanyak satu lembar.

Sementara bagi pelamar lulusan tanun 2014 dan sebelumnya harus mencantumkan fotokopi ijazah yang telah dilegalisir sebanyak satu lembar dan pas foto terbaru ukuran 3X4 sebanyak dua lembar.

  1. Universitas Pamulang

Pada tahun akademik 2017-2018, Universitas Pamulang (Unpam) yang dikelola Yayasan Sasmita, telah berkomitmen menerima mahasiswa difabel netra tanpa memungut biaya sama sekali, baik uang pendaftaran, uang kuliah, uang ujian, dan lain-lain. Beasiswa Pendidikan gratis tersebut terlaksana berkat kerjasama antara Universitas Pamulang, IBM, Yayasan Mitra Netra, dan DPP Pertuni. Pihak-pihak tersebut memiliki perannya masing-masing. Tugas Yayasan Mitra Netra adalah mengkoordinir pendaftaran dan menyampaikan kelengkapan pendaftaran ke Universitas Pamulang. Kelengkapan pendaftaran dapat dikirimkan ke Yayasan Mitra Netra, ditujukan kepada Ketua

Yayasan Mitra Netra, dengan alamat, jl Gunung Balong II No. 58, Lebak Bulus III Jakarta Selatan.

Kemudian, DPP Pertuni bertugas melaksanakan tes interview bagi difabel netra yang ingin berkuliah di perguruan tinggi yang berlokasi di Tangerang Selatan tersebut.

Pada saat pertama kali Unpam mengumumkan menerima mahasiswa difabel netra, berita tersebut kemudian disebarluaskan melalui surat edaran. Dalam surat edaran elektronik yang dikirimkan oleh Ketua DPP Pertuni, diberitahukan tentang kesempatan baru bagi difabel netra untuk berkuliah gratis di Unpam.

Program studi yang bisa diambil di Universitas Pamulang lebih berfariasi dibanding dengan universitas-universitas yang telah dibahas sebelumnya. Pilihan waktunya pun juga fleksibel. Ada tiga alternatif; pertama, kuliah regular pada pagi hari, kedua kuliah regular pada malam hari, dan ketiga kuliah pada hari Sabtu saja.

Dalam surat edaran tersebut disebutkan berkas-berkas yang perlu dilengkapi jika ingin mendaftar beasiswa Pendidikan gratis di Universitas Pamulang.

PERSYARATAN :

  1. Mengisi formulir; Bagi calon mahasiswa difabel netra, formulir pendaftaran bisa diperoleh di Yayasan Mitra Netra.
  2. Menyerahkan pas foto berwarna dan terbaru (formal) ukuran 3X4 = 2 lembar dan ditempel di Formulir Pendaftaran.
  3. Menyerahkan fotocopy ijazah 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir asli (cap legalisir asli). Khusus paket C harus menyertakan ijazah aslinya;
  4. Untuk yang belum mendapat pengumuman hasil Ujian Nasional (UN), maka dapat menggunakan kartu tanda Peserta UN
  5. Menyerahkan fotocopy Akta Kelahiran 1 lembar;
  6. Membawa materai Rp. 6.000,- 1(satu) lembar;
  7. Menyerahkan fotocopy KTP/SIM sebanyak 1 lembar;
  8. Mengikuti test urine di UNPAM setelah test tertulis;
  9. Khusus calon mahasiswa program studi Teknik Informatika harus memiliki Laptop/Notebook (dibawa saat mendaftar/mengembalikan formulir)

Jejen Juanda, salah satu mahasiswa difabel netra yang telah berkuliah di program studi Teknik informatika Unpam membenarkan informasi tersebut. Berdasarkan pengalamannya sewaktu mendaftar kuliah dulu, berkas pendaftaran yang harus dikumpulkan antara lain legalisir ijazah SMA LB atau umum, dan fotokopi kartu kartu Keluarga, fotokopi KTP. Khusus untuk calon mahasiswa difabel netra yang memilih jurusan teknik informatika perlu dilakukan tes terlebih dahulu di Mitra Netra. Tes tersebut terkait dengan kecakapan pengoperasian komputer, seperti mengetik, menyimpan file, browsing, penggunaan logika pada MS Excel. Sedangkan di program studi manajemen dan jurusan lainnya, tes hanya sampai mengetik, mengakses internet, e-learning.

Bagi laptop mahasiswa difabel netra yang mengambil jurusan teknik informatika harus dipasang software (perangkat lunak) pendukung yang bernama Latex. Program ini berfungsi untuk menulis program integral pada komputer. Jurusan yang tersedia untuk difabel netra yang ingin mendaftar di Unpam antara lain program S1 teknik informatika, manajemen ekonomi, pendidikan ekonomi, sastra Inggris, sastra Indonesia, dan PPKN.

Support Biaya kuliah para difabel netra di Unpam ini didukung penuh oleh pihak IBM. Difabel netra pemula yang mau berkuliah di program studi Teknik informatika disarankan belajar dasar-dasar pemograman di Mitra Netra. Sertifikat dari Yayasan Mitra Netra bisa digunakan untuk membantu ketika mendaftar di Universitas Pamulang.

Universitas-universitas tersebut telah menerapkan sistem pembelajaran inklusif. Difabel netra diberi kesempatan mengikuti perkuliahan secara mandiri dengan bantuan komputer bicara.

Ketiga universitas di atas memberikan beasiswa kuliah gratis berkat hasil kerjasama pihak universitas dengan Lembaga dan organisasi seperti Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni). Walau demikian, difabel netra juga masih memiliki banyak pilihan perguruan tinggi yang nonbeasiswa. Dengan kata lain, calon mahasiswa harus membayar sesuai biaya yang ditentukan kampus. Referensi beasiswa kuliah gratis yang diuraikan tersebut sebagai informasi bagi difabel netra yang ingin melanjutkan Pendidikan tanpa biaya. [Agus Sri]

The subscriber's email address.