Lompat ke isi utama
pelaksanaan pelatihan wirausaha di bandung

Perlunya Proses Mentoring Usai Pelatihan Wirausaha Difabel

Solider.id, Bandung - Sebanyak 40 difabel daksa warga Bandung  penuh antusias mengikuti pelatihan R.I.S.E ( Reach Independent Sustainable Entrepreneurship) yang diselenggarakan People Systems Consultancy Sendirian Berhad (PSC Sdn Bhd), konsultan Malaysia, bekerjasama dengan Maybank Foundation pada 2-4 Juli 2018 di Gedung Indonesia Menggugat, jln Perintis Kemerdekaan no 5, Bandung.  

Prita, Project Coordinator PSC Sdn Bhd, menjelaskan Program pemberdayaan ekonomi dengan pelatihan pengembangan usaha saat ini di fokuskan untuk difabel daksa rentang usia 18-60 tahun yang sudah memiliki usaha atau berencana memiliki usaha.

Program R.I.S.E memberikan sentuhan berbeda dari yang sudah ada seperti keterampilan ataupun dalam bentuk bantuan modal usaha.  Pelatihan ini memberikan bekal berupa ilmu kewiraushaan yang berkelanjutan.

"Kami pengen temen-temen difabel mandiri dan berkelanjutan usahanya, gak cuma dikasih keterampilan lalu gak tau cara memanfaatkan keterampilan tersebut. Usaha tapi gak tau mengelolanya, kami ingin masuk memberikan gini cara memulai usaha, gini loh cara mengelola usaha", ucap Prita ditemui solider dalam acara tersebut.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan hal yang membedakannya lagi setelah mengikuti pelatihan selama 3 hari, akan ada program 6 bulan mentoring yang diberikan kesetiap pesertanya.

"Pendampingan (mentoring) usaha diberikan secara telepon dengan mentor, memastikan pelajaran yang sudah di dapatkan selama pelatihan itu di aplikasikan agar bermanfaat dan 2-3 bulan sekali mentoring dilakukan dengan face to face kembali", jelasnya.

Bagi Jojon Iskandar (28) difabel CP ringan tanpa alat bantu saat ini bergelut usaha di bidang jasa service elektronik (Hp, TV, DVD dkl) di toko daerah Cililin, Bandung Barat, Ia menceritakan keterampilan tersebut didapat dari pelatihan keterampilan selama 8 bulan di cibabat cimahi, tanpa ada bekal ilmu kewirausahaannya.

Dengan mengikuti Pelatihan R.I.S.E, nilai tambah untuk Jojon bagaimana cara meningkatkan usaha yang sudah dijalaninya. "Harapan kedepan pendapatannya bertambah karena sudah dapat ilmu nya dan cara pengembangan usaha", terangnya. [Zulhamka Julianto Kadir]

The subscriber's email address.