Lompat ke isi utama
suasana penandatanganan MOU

Disdikpora-Kemenag DIY Sepakat Selenggarakan PPDB 2018 Tanpa Diskriminasi

Solider.id.Yogyakarta. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama seluruh Disdikpora Kabupaten/Kota, dan Kanwil Kemenag DIY melakukan penandatanganan Komitmen Penyelenggaraan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2018/2019 bersih dan bebas maladministrasi.

Diinformasikan oleh Ketua Kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY Budhi Masthuri bahwa kegiatan telah dilaksanakan pada hari Jumat (22/6), di Ombudsman RI Perwakilan DIY Jalan Woltermoninsidi 20, Yogyakarta.

Enam point komitmen telah disepakati dan ditandatangani bersama. Point pertama pada kesepakatan tersebut, ungkap Budhi, menegaskan penyelenggaraan PPDB yang non diskriminatif.

“Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya maladministrasi maupun penolakan terhadap peserta didik difabel,” ungkapnya.

Adapun bunyi enam komitmen bersama tersebut ialah:

  1. Menyelenggarakan PPDB TA 2018/2019 secara objektif, akuntabel, transparan dan  tanpa diskriminasi.
  2. Terbuka terhadap berbagai informasi dan laporan masyarakat mengenai dugaan penyimpangan maupun pelanggaran, termasuk berbagai pungutan yang tidak sah selama PPDB dan pada saat pendaftaran ulang, serta menindaklanjuti dan menyelesaikannya secara cepat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan azas kepatutan.
  3. Mengambil langkah-langkah pencegahan, pengawasan dan penindakan terhadap sekolah yang melakukan penyimpangan maupun pelanggaran, termasuk berbagai pungutan yang tidak sah selama PPDB TA 2018/2019 maupun pada saat pendaftaran ulang.
  4. Bekerjasama dengan Ombudsman RI Perwakilan DIY, serta menindaklanjuti permintaan klarifikasi, saran perbaikan, dan rekomendasi Ombudsman RI berkenaan temuan maladministrasi dalam  penyelenggaraan rangkaian PPDB TA 2018/2019.
  5. Menyampaikan laporan tertulis mengenai pelaksanaan dan pengawasan penyelenggaraan rangkaian PPDB TA 2018/2019, kepada Ombudsman RI Perwakilan DIY.
  6. Menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada setiap sekolah di wilayah masing-masing agar menjalankan komitmen yang sama.

Diketahui oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI DIY Budhi Masthuri penandatangan komitmen dilakukan oleh Kadarmanta Bagaskara Aji selaku Kepala Disdikpora DIY, Muhammad Lutfi Hamid selaku Kepala Kantor Wilyah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) DIY, beserta lima Kepala Disdikpora Kota/Kabupaten.

Pada kesempatan itu, Budhi juga menginformasikan bahwa paska menandatangani komitmen penyelenggaraan PPDB yang bersih dan bebas maladministrasi, Kakanwil Kemenag DIY meminta Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di DIY menandatangani komitmen yang sama pada Senin (25/6). [Harta Nining Wijaya].

The subscriber's email address.