Lompat ke isi utama
suasana penyerahan surat tugas dari kpu

Petugas PTPS Difabel Telah Kantongi Surat Tugas

Solider.id, Cimahi – Memasuki masa tenang, H-3 menjelang pelaksanaan pemungutan suara pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, 27 Juni mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mengeluarkan surat keputusan dan surat penugasan resmi.

Memilih lokasi di setiap kantor kecamatan, Panwaslu menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) tahap akhir untuk para petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Cimahi, Minggu (24/6)

Dari total keselurah petugas PTPS yang ada di Kota Cimahi yang mendapatkan surat keputusan dan surat tugas, tujuh diantaranya petugas PTPS difabel.  

“Surat tugas ini resmi dengan cap stempel yang disertai tanda tangan asli Panwaslu Kecamatan, ini artinya setiap petugas PTPS merupakan bagian dari personil yang sedang menjalankan tugas negara,” ucap Bambang H. Husyaeri N, Ketua Panwaslu Kecamatan Cimahi Tengah disela-sela pemberian materinya.

Dalam Rakernis tersebut, selain dibahas tentang pelaksanaan kerja secara teknis untuk para PTPS yang hadir, ia juga menyampaikan tugas utama yang tidak boleh lengah adalah pengawasan terhadap aksesibilitas TPS bagi pemilih lajut usia (Lansia) dan difabel.

Meski telah terkumpul data pemilih yang menggunakan alat bantu seperti pengguna kursi roda, kruk, atau yang memerlukan pendampingan khusus, pada pelaksaan di lapangan terkadang masih saja ditemukan kendala teknis penanganan oleh para penitia pelaksana di TPS. Tugas PTPS mencatat, mendokumentasikan serta melaporkannya, demikian yang disampaikan Bambang.

“Fungsi surat tugas tersebut selain menjadi legalitas identitas diri bagi para petugas PTPS, juga sebagai bekal mandat dalam melaksanakan porsinya sebagai pengawas. Para petugas ini  memiliki wewenang dalam menindak dan mereka dilindungi oleh undang-undang,” pungkasnya. (Srikandi Syamsi)

 

The subscriber's email address.