Lompat ke isi utama
Aliansi difabel Karanganyar sedang membagikan takjil di jalanan

Kepedulian Aliansi Difabel Karanganyar di Bulan Ramadhan

Solider.id , Surakarta- Semarak dan berkah Ramadhan 1439 H disambut dengan berbagai oleh berbagai kalangan masyarakat, tak terkecuali difabel. Sebagai bentuk kemandirian, rasa syukur dan kasih terhadap sesama, Aliansi Difabel Karanganyar  mengadakan acara pembagian takjil buka puasa bagi masyarakat umum dan pengguna jalan, tepatnya  di perempatan Papahan Karanganyar kota pada Kamis sore, (31/5).

Kegiatan  untuk yang pertama kalinya ini diikuti oleh keluarga besar difabilitas kecamatan se rayon timur Kabupaten Karanganyar. Meliputi Kecamatan Karanganyar, Mojogedang, Kerjo,  Matesih, Jenawi, Ngargoyoso,  Kerjo, Tawangmangu dan Kebakkramat. Mereka juga melibatkan relawan dari Banser dan PSH Teratai serta dibantu pihak kepolisian dan Satuan polisi Pamong Praja.

Pada kesempatan itu, Harjanto, difabel daksa sekaligus ketua aliansi memaparkan tiga hal penting yang mendasari dilaksanakannya kegiatan ini. Pertama, sebagai  manusia hendaknya selalu menebarkan semangat persaudaraan dengan berbagi kasih seperti di Ramadhan, agar membawa berkah dan kebaikan bagi semua sebagaimana diajarkan agama. Kedua, kepedulian difabel dengan bagi-bagi takjil ini untuk menunjukkan  kepada masyarakat  luas bahwa  Karanganyar telah berpredikat sebagai kabupaten inklusif bagi difabel.

“Dan ketiga, dengan kegiatan ini segenap warga difabel berharap kepada pemerintah untuk terus- menerus menjalin sinergi kerjasama dengan difabel dalam pembangunan di segala aspek khususnya di Karanganyar,” imbuh Harjanto.

Lebih lanjut Harjanto mengatakn gagasan kegiatan ini muncul dari teman- teman aliansi dan diikuti hampir 50 difabel baik daksa, netra dan tuli, serta seluruh keluarganya. Dia menambahkan, lebih dari 100 paket takjil dibagikan dan merupakan hasil dari penggalangan dana para anggotanya atau mandiri.

“Semoga yang sederhana ini bisa menginspirasi masyarakat untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan- kebaikan nantinya,” pungkas Harjanto. [Saifuddin Hafiz]

The subscriber's email address.