Lompat ke isi utama
Sharing session Buka Puasa Bersama Smartfren (3/6) di Hotel Four Point, Bandung.

Peranan Penting Internet Dan Teknologi Bagi Difabel

Solider.id, Bandung- Teknologi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di era milenial, termasuk bagi difabel. Keberadaan internet dan teknologi merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan, terutama dalam mengakses layanan informasi.

Hal tersebut disampaikan oleh I Putu Agus Sumiarta, perwakilan dari Disabilitas Bergerak Indonesia, pada sharing session dalam acara Buka Puasa Bersama (3/6). “Difabel netra seperti saya khususnya, sangat terbantu sekali dengan keberadaan teknologi,” ujar pria yang akrab disapa Bli tersebut, dalam sharingnya, Bandung.

Lebih lanjut Bli memaparkan, keberadaan teknologi dan internet membuat kedifabilitasannya atau hambatannya menghilang. Ia dapat beraktivitas dengan menggunakan beragam aplikasi melalui ponselnya. “Demikian pula bagi difabel lainnya, mereka dapat menggunakan beragam fitur aplikasi pada ponselnya, untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sesuai dengan kebutuhannya, imbuhnya. Sehingga menurutnya, tidak ada alasan bagi difabel untuk tidak berkarya dan menjadi individu yang mandiri.

Hal senada pun disampaikan oleh Billy Birlan Purnama, difabel Tuli ini merasa sangat terbantu, terutama dengan adanya fitur chat dan video call. Ia dapat berkirim pesan kepada siapapun melalui teks tanpa kendala. Selain itu, melalui fitur video call yang terdapat dalam layanan aplikasi, ia dapat berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat dengan rekannya sesama Tuli.

Selain memaparkan pentingnya peranan internet dan teknologi bagi difabel, dalam sesi sharing ini, Bli pun memberikan edukasi mengenai difabel dan ragam kedifabilitasan pada para peserta yang berasal dari berbagai komunitas pecinta teknologi tersebut.

Bli menyambung, visi dan misi dari Disabilitas Bergerak Indonesia, serta berbagai advokasi yang telah dilakukan bersama komunitasnya selama ini. Agar nantinya masyarakat difabel mendapatkan hak-nya sebagai warga negara Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Djoko Tata Ibrahim selaku Deputy CEO PT Smartfren Telecom Tbk menyampaikan, pihak Smartfren melalui Corporate Social Responsibility (CSR) nya, akan memberikan dukungan bagi Disabilitas Bergerak Indonesia dalam melakukan aktivitas pergerakannya.

“Terima kasih kepada teman-teman dari Disabilitas Bergerak Indonesia atas ceritanya yang telah menginsipirasi dan memotivasi saya. Semangat terus dalam berkarya tanpa batas, dan  tetap selalu bersyukur” ujar Jessica Mila, Brand Ambassador Smartfren, ketika ditemui usai acara. [Maya Aimee]

The subscriber's email address.