Lompat ke isi utama
Bincang petang setelah pembagian takjil

Mengedukasi Masyarakat Tentang Difabel Melalui Berbagi Takjil Ramadhan

Solider.id, Cimahi- SaSaDu Jurnal Warga Jawa Barat mengedukasi masyarakat kota Cimahi melalui agenda rutinan berbagi takjil di setiap Ramadhan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Keterlibatan secara sukarela komunitas difabel menandakan hilangnya sekat antara sebutan difabel dan nondifabel dalam berbagi.

Partisipasi difabel Kota Cimahi dalam agenda tersebut secara tidak langsung mengedukasi masyarakat awam yang belum memahami individu difabel di kalangan Netizen sekalipun. “Secara pribadi saya sudah sering mendengar kata difabel. Namun, baru mengetahui secara langsung individu-individunya,” kata Rafen, koordinator lapangan takbir akbar wilayah Cimahi.

Usai acara, Rafen menyempatkan diri berbincang dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Cimahi yang hadir. Ia mengaku baru mengenal Tuli dan Grahita yang baginya tidak tampak terlihat kedifabelannya secara fisik.

Rafen juga mendapat edukasi tentang sekolah luar biasa (SLB) yang ada di Kota Cimahi beserta fungsinya. Sebagai warga pendatang sejak tahun 2000 silam dan menetap di Kota Cimahi, nampaknya Refan benar-benar minim sekali mengetahui informasi yang berkaitan dengan difabel.

“Saya sering melewati sekolah bertuliskan SLB, dan baru jelas keberfungsiannya.” Rafen mengaku informasi yang diberikan langsung dari komunitas difabel merupakan hal pertama yang didapatkannya.

PPDI Kota Cimahi sendiri ikut serta dalam gelaran pembagian takjil akbar bersama 22 komunitas di Jawa Barat, Minggu petang (27/5). “Kolaborasi yang indah antar lintas komunitas dalam pembagian takjil serentak di 8 titik,” ungkap Devi Muthia, ketua SaSaDu Jurnal Warga Jawa Barat.

PPDI Kota Cimahi mengapresiasi upaya mengedukasi masyarakat umum terkait isu difabel. “Ini pentingnya bagi difabel untuk membuka diri dan mau bersosialisasi serta berkolaborasi dengan siapa pun,” pungkas Sri, mewakili PPDI Kota Cimahi. [Srikandi Syamsi]

The subscriber's email address.