Lompat ke isi utama
Cucu Saidah aktivis difabel nasional menjadi pembicara utama dalam sosialisasi Pilwakot Kota Bandung

HWDI Kota Bandung Sosialisasikan Pilwakot

Solider.id, Bandung– Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mensosialisasikan Pemilihan Walikota (Pilwakot) kepada warga difabel. Sosialisasi diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat – GIM, jalan Perintis Kemerdekaan No 5 Bandung, Sabtu sore (26/5).

“Ada dua materi utama yang akan disampaikan pada sosialisasi sekarang, yaitu pemutaran video dan sosialisasi langsung tatap muka,” kata Ratna Ketua HWDI Kota Bandung saat menyampaikan sambutannya.

Selain itu, di dalam sosialisasi diputar video terkait aksesibitas tempat pemungutan suara (TPS) serta pengenalan tiga pasangan calon yang mengikuti Pilwakot yang akan dilangsungkan pada 27 Juni mendatang. Rekaman video yang telah dibuat tersebut merupakan kolaborasi antara HWDI dan pihak KPU. “Ini pesan dari KPU,” Ratna melanjutkan.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Cucu Saidah aktivis difabel sebagai pembicara utama. Ia memaparkan bahasan tentang hak difabel dalam berpolitik serta aksesibilitas dalam pemilu secara menyeluruh. “Masih sedikit difabel yang turut serta dalam pemilu. Padahal, difabel memiliki hak memilih dan dipilih,” tuturnya.

Menurut Cucu, kendala tersebut dipengaruhi minimnya akses pemilu yang dapat dijangkau masyarakat difabel. Rasa aman, nyaman serta dukungan dalam pemilu masih menjadi sesuatu yang dipertimbangkan masyarakat difabel. Dari mulai pengayaan alat bantu hingga kondisi tempat. 

Cucu menambahkan, secara internal kesadaran individu difabel untuk terlibat aktif sebagai pemilih dan menggunakan hak suaranya dinilai masih kurang. Kesulitan yang dihadapi masyarakat difabel dalam mengakses kegiatan pemilu menjadi salah satu yang mempengaruhi asumsi individu difabelnya sendiri.

Meski tanpa dihadiri langsung pihak KPU setempat, sosialisasi mandiri tersebut berlangsung lancar hingga menjelang waktu berbuka puasa. “Ini bentuk kerjasama HWDI Kota Bandung dengan KPU Kota Bandung dalam menyelenggarakan sosialisasi Pilwakot Bandung bagi pemilih difabel. Kami juga membuat jargonnya,” Imbuh Ratna. [Srikandi Syamsi]

The subscriber's email address.