Lompat ke isi utama
PAra peserta difabel berfoto bersama usai mengikuti pelatihan kewirausahaan

Pelatihan Kewirausahaan untuk Difabel Pati

Solider.id, Pati– Para difabel Pati ikut serta dalam pelatihan kewirausahaan yang di selenggarakan Ayo Obah di gedung Korpri, Minggu (29/04). Dari sekitar 300 orang yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, 50 orang di antaranya difabel.

Pelatihan kewirausahaan ini baru pertama kali dilakukan Ayo Obah di kota Pati. Mantan ketua sekaligus pendiri Ayo Obah, Indra Uno, sedikit menjelaskan tentang visi dan misi pelatihan kewirausahaan yang skalanya akan mencakup seluruh Indonesia.

“Di sini kita ingin menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya dengan cara menciptakan wirausaha baru atau wirausaha yang naik kelas,” ujar Indra Uno.

Iim Rusyamsi, selaku Sekjen Ayo Obah, memaparkan acara tersebut dapat menjadi penggerak komunitas-komunitas difabel untuk berwirausaha. Ayo Obah siap memfasilitasi tempat dan memberi pelatihan di tiap Kecamatan. “untuk kewirausahaan difabel, saya juga mengurus pelatihan kewirausahaan difabel yang ada di Jakarta,” ucap Iim Rusyamsi.

Ia menambahkan, ada 7 tahapan yaitu pendaftaran, pelatihan, pendampingan, bekerja sama dengan Pemerintah setempat untuk lebih mempermudah perizinan, pemasaran, membuat laporan keuangan, lalu pemberian modal dengan bunga yang rendah.

Menurut Suratno, ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Pati, yang juga mengikuti pelatihan ini, menerangkan bahwa kegiatan ini sangat bagus, karena ada ilmu-ilmu yang belum ia dapatkan sebelumnya.

“Pembekalan pada kegiatan ini yang saya tangkap, jangan terpancang karena uang, kita tanamkan dulu kemauan dan mau bekerja keras, yang penting jangan mudah menyerah.” Kata Suratno.

Sawito dan Arip, anggota dari PPDI dan Komunitas Difabel Pati (Kodipa), yang juga mengikuti pelatihan, merasa ada kekurangan dalam pelatihan kewirausahaan ini. “Agar bisa mengetahui pelatihan kewirausahaan ini lebih detail, harus membuka aplikasi oke oce, dan saya kurang menguasai Internet, jadi kendala saya di situ”. Kata Arip. [OBY]

The subscriber's email address.