Lompat ke isi utama
pertemuan IKADD di Bandung

IKADD, Sebagai Wadah Saling Menguatkan Antar Keluarga Difabel

Solider.id, Bandung – Ikatan Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (IKADD) berperan dalam proses pemenuhan hak dasar dan hak sipil masyarakat difabel. Dalam rangka hari jadinya, Ikatan Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (IKADD) bersama Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) wilayah Cibiru Wetan kota Bandung kembali menggelar agenda terapi rutinan, Minggu (22/4)

“Hari ini merupakan tahun ke-5 terbentuknya IKADD. Secara rutun pada setiap tahunya selalu diadakan terapi khusus untuk difabel,” ungkap Fitri, tim RBM Cibiru Wetan.

IKADD mulai terbentuk secara bertahap atas kesadaran masyarakat yang memiliki anggota keluarganya dengan beragam kedifabelan.

Dari perwakilan IKADD, baik Supryati, Mama Hilma, Tatang maupun Ari merespon baik sejak proses pembentukan ikatan keluarga anak dengan kedisabilitasan tersebut. Kegiatan terapi rutin yang diadakan pihak RMB di wilayahnya menjadikan sebuah kesempatan untuk berkumpul dan bertemu.

“Kami ingin saling menguatkan dan membagi kisah tentang bagaimana menangani permasalahan yang ditemui dalam keseharian,” demikian yang disampaikan mereka mewakili keluarga IKADD yang lainnya.

Dibenarkan pula oleh Fitri, salah satu tujuan membentuk IKADD antara lain untuk menampung aspirasi dan penguatan keluarga yang memiliki anak atau anggota keluarga lainnya dengan kedifabelan.

Pada kegiatan terapi rutin kali ini yang bertepatan dengan tahun ke lima pembentukan IKADD, Fitri dan Euis sebagai rekan tim dari RBM Cibiru Wetan tetap memberikan dukungan penuh terhadap seluruh masyarakat yang tergabung dalam IKADD.

“Masih banyak hak difabel yang belum terpenuhi secara maksimal,” imbuh Fitri.

Menurutnya, informasi yang menghubungan antara kebutuhan masyarakat difabel dengan pihak-pihak terkait, baik pemerintah di tingkat kewilayahan terendah hingga tingkat  seterusnya masih perlu dijembatani.  

Dalam pelaksanaan dan karya nyata di lapangan, IKADD didampingi RBM terus mengupayakan untuk memperoleh kemudahan aksesibilitas dalam pelayanan yang dibutuhkan. Pemenuhan hak dasar dan hak sipil bagi difabel menjadi sorotan utama yang terus digagas. (Srikandi Syamsi)

The subscriber's email address.