Lompat ke isi utama
Sosialisasi Pemilu untuk difabel oleh KPU Cimahi

Perwakilan Difabel Netra Minta KPU Cimahi Undang Empat Calon Gubernur Jabar

Solider.id Cimahi - Menyongsong pesta demokrasi pemilihan Gubernur Jawa Barat 27 Juni 2018 mendatang, serangkaian agenda sosialisasi terus dijalankan KPU Kota Cimahi. Bertempat di ruangan Badan Legislasi - Gedung DPRD Kota Cimahi, sosialisasi bersama difabel digelar pada Sabtu pagi (3/3).

“Bisakah KPU Cimahi bekerja sama dengan KPU Provinsi menghadirkan pasangan calon Gubernur untuk bertatap muka dengan kami – difabel agar lebih dapat mengenali mereka,” demikian pertanyaan Baharudin, difabel Netra yang sempat membuat KPU kebingungan untuk menjelaskannya.

Baik menurut Dadan maupun Septiana dari tim KPU Cimahi, pihaknya memiliki batasan kewenangan. Kinerja KPU yang netral tidak memungkinkan untuk mengundang salah satu pasangan calon Gubernur tanpa mengundang yang lainnya untuk sosialisasi.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dadan, “Masa kampanye ini merupakan peluang bagi difabel untuk ikut serta dalam menilai para pasangan calon yang ada. Silahkan ikuti perkembangan beritanya melalui media masa. Apa saja program kerja dari pasangan calon Gubernur yang ada. Siapa partai pendukungnya. Pihak mana saja yang dilibatkan dalam sosialisasi atau kampanyenya.” 

Pihak KPU menambahkan, KPU hanya memfasilitasi dan mengenalkan tahapan serta simulasi pelaksaan Pemilu yang akan digelar Juni nanti.

Menanggapi pertanyaan yang sama, H. Sudarman selaku narasumber menyampaikan gambaran lain kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir, “Mari kita sama-masa cermati masa kampanye ini. Adakah agenda dari pasangan calon yang melibatkan difabel baik dalam kampanyenya maupun dalam program kerjanya. Dan ini bisa menjadi penilaian tersendiri untuk difabel terhadap keempat pasangan calon pemimpin Jawa Barat mendatang.”

Selain sebagai narasumber, H. Sudarman juga merupakan Kepala Sekolah SLBN A Citereup Kota Cimahi dan tim penasehat PPDI Cimahi yang baru terbentuk. H. Sudarman juga menyampaikan kepada KPU, di lingkungan sekolahnya banyak siswa yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pemula.

“Saya coba bertanya pada seluruh siswa saya ketika menjadi pembina upacara Senin lalu, ternyata banyak juga yang sudah berusia 17 tahun,” ujarnya.

Dalam Bahasannya, KPU Kota Cimahi mengenalkan ke-empat pasangan calon Gubernur Jawa Barat berserta nomor urutnya kepada peserta yang hadir di ruangan.

“Nomor urut satu: M Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul. Kedua: Tb Hasanuddin dan Anton Chrliyan. Ketiga: Sidrajat dan Ahmad Syaikhu. Empat: Deddy mizwar dan dedi Mulyadi,” kata Koordinator KPU Kota Cimahi, DRS. Septiana.

Dalam penjelasan lain, tim KPU menyampaikan ulang jadwal pelaksanaan Pemilihan Umum Calon Guberbur Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni 2018 mulai pukul 7 pagi hingga 13 siang.

KPU juga menyampaikan saat ini merupakan masa kampanye para pasangan calon Guburnur, sangat diberharap difabel turut serta mengikuti perkembangan kampanye baik melalui media masa maupun berita lainnya untuk lebih mengenal keempat pasangan calon yang ada.

“Pada masa kampanye ini, pasangan calon akan menyampaikan program mereka, silahkan ikuti perkembangannya,” pesan Dadan, tim KPU Cimahi. (Srikandi Syamsi)

The subscriber's email address.