Lompat ke isi utama
Eka Heru Prasetya

BPO Soroti Perlunya Dukungan Pemda terhadap Paralimpian NPC

Solider.or.id.Yogyakarta. Dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten/kota sangat dibutuhkan terhadap kegiatan paralimpian National Paralympic Committee (NPC) kabupaten/kota. Dukungan tersebut akan berdampak pada adanya keseimbangan kegiatan antara NPC kabupaten/kota dengan NPC provinsi. Hal tersebut menjadi sorotan Kepala Seksi Olahraga, Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Eka Heru Prasetya.

Adanya dukungan penganggaran terhadap organisasi olahraga khusus difabel dan atlet yang ada di masing-masing kabupaten/kota, juga akan memberikan semangat tersendiri bagi paralimpian.  Menurut dia, tanpa dukungan bersama, maka laju perjalanan organisasi NPC dan para atlet yang berada di dalamnya akan sangat berat.

Hal tersebut disampaikan Eka-sapaan Kasi Olahraga BPO DIY tersebut kepada Solider saat coffee break Rakerda NPC DIY 2018 yang digelar di Lynn Hotel, Jalan Jogokaryan 83 Yogyakarta, Sabtu (3/3/2018).

Dia juga menggarisbawahi kebenaran pernyataan Ketua NPC DIY, Hariyanto yang menyampaikan bahwa selama ini baru satu kali dapat menggelar Pekan Olahraga  Daerah (PORDA), yakni pada tahun 2017. Di mana penganggaran masih diampu oleh NPC DIY.

Untuk itu Eka berharap akan adanya pengalokasian penganggaran oleh Pemda masing-masing terhadap paralimpian dan organisasi olahraga difabel di kabupaten/kota. Dengan demikian para atlet merasa percaya diri yang berdampak memberikan kebanggaan terhadap daerahnya.

Digelarnya Pekan Paralympic Daerah (Peparda) secara rutin dua tahunan sebagaimana PORDA yang diselenggarakan KONI menjadi harapan besar bagi Kasi Olahraga di BPO DIY tersebut.

“PEPARDA, merupakan ajang pendataan atlet, sekaligus penjaringan dan persiapan atlet berlaga di ajang lomba lainnya,” jelasnya.

Pasalnya, lanjut dia, di tingkat nasional telah digelar Peparnas yang setara dengan PON, dan di internasional ada Asean Paragames yang setara dengan SEAGAMES dan ASEAN GAMES. “Untuk itu penyelenggaraan PEPARDA semestinya juga diselenggarakan dua tahunan sebagaimana penyelenggaraan PORDA. Dengan demikian penjaringan dan pembinaan prestasi atlet lebih optimal. Guna seleksi paralimpian menghadapi berbagai even lomba baik tingkat nasional maupun internasional,” tandas Eka.

Menurut Eka, daerah yang selama ini telah memberikan dukungan cukup baik ialah Pemda Kabupaten Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo. “Seyogyanya Pemda Sleman dan Pemkot Yogyakarta melakukan hal yang sama, memberikan dukungan terhadap paralimpian di wilayahnya,” himbaunya. [harta nining wijaya].

The subscriber's email address.