Lompat ke isi utama
Pementasan ketoprak oleh PPDI Situbondo

PPDI Situbondo Edukasi Publik melalui Pementasan Ketoprak

Solider.id, Situbondo - Ketoprak merupakan salah satu seni budaya pertunjukan yang masih banyak diminati  di Jawa Timur meski ketoprak itu sendiri berasal dari Yogyakarta. Dalam hal ini Persatuan Penyandang Disabilitas (PPDI) Situbondo bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Kominfo) Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan pertunjukan rakyat di Lapangan Kendit Kencamatan Kendit Situbondo. (27/2)

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan atau mengedukasi masyarakat tentang membangun penghormatan dan penghargaan keberadaan penyandang disabilitas melalui pertunjukan seni budaya (ketoprak) untuk menuju Situbondo Inklusi sebagaimana komitmen Bapak Bupati Situbondo untuk mewujudkan Situbondo sebagai Kabupaten Inklusi”, ucap Joko Nurcahyo Kabid Kominfo Situbondo.

 Satu minggu sebelumnya, PPDI juga telah melaksanakan kegiatan pelatihan perencanaan, penganggaran dan pembangunan yang inklusi di tingkat desa yang sebelumnya juga pernah dilakukan kegiatan yang sama di tingkat kabupaten pada bulan Januari dalam rangka mendukung untuk mewujudkan kabupaten Situbondo yang inklusi. Dinas Kominfo dalam hal ini mempunyai agenda kegiatan yang berbeda yaitu melalui pertunjukan rakyat dalam bentuk seni budaya ketoprak.

Dalam pertunjukan ketoprak ini dimeriahkan dengan hiburan musik oleh Multazam seornag difabel netra yang bermain organ, Wafil seorang difabel daksa di bagian melody, dan Jannah bagian bass. Untuk pemain ketoprak ada Luluk Ariyantiny  seorang difabel daksa sekaligus ketua PPDI Situbondo, Nur Rahmatillah seorang difabel daksa sekaligus ketua KDD (Kelompok Difabel Desa) Olean.

Kegiatan ketoprak tersebut merupakan salah satu media yang PPDI Situbondo anggap tepat untuk menyampaikan informasi atau pesan terhadap masyarakat. “Pesan yang disampaikan dalam ketoprak ini adalah bahwa orang difabel mampu dan bisa berbuat sama seperti nondifabel dan tidak perlu dikasihani”, pungkas Luluk selaku ketua PPDI Situbondo. (Ramadhany Rahmi)

The subscriber's email address.