Lompat ke isi utama
Dua orang sedang berjaba tangan untuk merayakan hut alumni

Ikaya: Organisasi Dorong Kemandirian Difabel

Solider.id, Surakarta- Alumni Sekolah Luar Biasa-B YAAT Surakarta mengadakan  syukuran dengan berdirinya Ikatan Alumni YAAT (Ikaya) Surakarta untuk pertama kalinya, pada Minggu  pagi (11/2) di Pendopo Kalurahan Tegalharjo, Jebres, Surakarta.

IKAYA sendiri merupakan wadah organisasi bagi para alumni yang banyak berdomisili di Solo, Klaten, Boyolali dan Karanganyar, serta di beberapa kota lain seperti Salatiga dan Surabaya. Rangkaian acara yang dipuncaki dengan pemotongan tumpeng dan dihadiri hampir seratusan alumni ini, hadir alumni tertua angkatan 1967 dan termuda 2017.

Ikaya sendiri mengusung misi Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mempererat persaudaraan, Menambah wawasan dan persatuan, serta bervisi Dalam persaudaraan alumni YAAT dapat mencapai wujud yang nyata.

Yitno Atmajie, selaku pengurus memaparkan bahwa terbentuknya Ikaya serta misi dan visinya merupakan hasil dari diskusi dan tukar pikiran dari pertemuan-pertemuan rutin yang diadakan setiap bulan.

“Meski setiap tahun syukuran akan selalu diadakan, tapi yang lebih penting para alumni harus mampu mengamalkan dan mewujudkan visi dan misi organisasi dalam kesehariannya,” jelas Yitno di sela acara.

Ia berharap semangat persaudaraan dan persatuan para alumni berani berbaur dengan segala lapisan masyarakat. Menjadi bagian yang berperan dalam pembangunan dan tentunya dengan terus belajar dan mengasah pengetahuan.

Pada kesempatan itu, ia menegaskan pula para alumni harus mampu mengembangkan segala bentuk kemandirian difabel, termasuk di bidang ekonomi. “Sebagaimana organisasi  Ikaya dibentuk juga secara mandiri dan tetap menganut asas-asasnya yaitu mempunyai visi dan misi,” pungkas Yitno. [Saifuddin Hafiz]

The subscriber's email address.