Lompat ke isi utama
Temu kangen alumni YPAC Solo berfoto bersama

Alumni YPAC: Hidupkan Kembali Yayasan Bhakti Nurani

Solider.id, Karanganyar- Sebanyak 52 difabel, yang sebagian besar datang bersama keluarganya menghadiri acara temu kangen yang diselenggarakan selama dua hari, 3-4 Februari 2018 di Wisma Pusat Pengembangan Pengembangan Rehabilitas Bersumberdaya Masyarakat Prof. Dr. Soeharso Colomadu.

Menurut Atmaji Priambodo, salah seorang peserta ajang acara temu kangen untuk merekatkan kembali tali silaturahmi sesama alumni Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC )Surakarta. Acara yang baru dihelat dua kali sejak 1997 ini tak hanya bermuatan perjumpaan dan hiburan. Namun juga melahirkan seuah upaya, yakni menghidupkan kembali Yayasan Bhakti Nurani yang pada zamannya aktif berkegiatan.

"Kemarin dulu ada tawaran untuk Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) bagi teman-teman yang memiliki usaha, seperti desain, sablon tetapi kami belum memiliki wadah," ujar Jaka Ballung, salah seorang alumni lainnya yang juga seorang seniman desain dan lukis saat ditemui Solider di tempat acara.

Sugian Noor, ketua panitia temu kangen membenarkan hal tersebut. Acacar yang diisi para alumni dan YPAC lintas angkatan dengan usulan membentuk wadah dan kebetulan alumni YPAC sudah memiliki wadah bernama Yayasan Bhakti Nurani, yang sekarang tinggal nama.

"Kami akan menghidupkan kembali yayasan ini. Kita harus ketemu dulu dengan para sesepuh pendiri yayasan, karena pastinya ada AD/ART-nya. Visi dan misi pasti ada," ujar Sugian Noor yang saat ini menjadi pengajar di YPAC Surakarta.

Sugian mencontohkan bahwa saat ini ada banyak generasi muda, sumberdaya manusia yang ide-ide kreatifnya bisa diberdayakan. Dia mencontohkan generasi tersebut adalah Jaka Ballung dan Slamet Widodo. Mereka bisa mentransfer pengetahuan kepada generasi yang lebih muda, yang saat ini masih giat bersekolah.

Langkah awal akan dilakukan Sugian Noor dan beberapa pegiat adalah menemui para pendiri yayasan, berkonsultasi dan menimba ilmu. Baru kemudian membentuk kepengurusan. Dia berharap alumni YPAC Surakarta akan tetap solid dalam menjaga kebersamaan. [Puji Astuti]

The subscriber's email address.