Lompat ke isi utama
Form Pemutakhiran Data

Pemutakhiran Data Pemilih Difabel Dilakukan Secara Berkala

Solider.id, Papua- Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutahiran dan pendaftaran pemilih difabel. PPDP melakukan proses pemutahiran dan pendaftaran pemilih secara berkala setiap tahunnya. Hal tersebut guna memperbaharui data pemilih difabel.

PPDP mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusi warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. Utamanya dalam pencocokan data dan penelitian (Coklit) melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait, mulai dari tingkat salah RT/RW, organisasi difabel sampai data dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil). Di mana PPDP merujuk pada buku panduan dalam melaksanakan tugas.

"Buku panduan dimaksudkan untuk menjadi acuan di lapangan sekaligus sebagai catatan kerja PPDP untuk akuntabilitas proses Pencocokkan dan Penelitian sekaligus koordinasi dengan pihak-pihak terkait," ujar ketua Komisi Pemilihan Umum kota Jayapura, Henok Merahabia, pada Rabu (17/1).

Pendataan kembali oleh PPDP di setiap wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing, di mana salah satu tim PPDP adalah petugas TPS. Pembaharuan data difabel yang akurat membantu KPU dalam mempersiapkan kegiatan lanjutan, seperti sosialisasi, pendidikan politik, simulasi pemilihan. “Kami bekerja dengan KPU Provinsi Papua dan PPUA Papua,” Dra Grace Nina Ursia Komisioner KPU kota Jayapura.

PPDP akan melaksanakan tugasnya mulai 20 januari sampai 18 Februari 2018, dengan rentang waktu kurang lebih sebulan. Adapun petugas PPDP, empat difabel khusus di distrik/kecamatan Abepura, dan terlibat langsung sebagai petugas TPS.

"Saya merasa senang ya karena sekarang itu difabel sudah mulai dilibatkan langsung dalam kegiatan seperti ini, kalau yang Pilkada sebelumnya kami tidak dilibatkan sama sekali," ungkap Viktor Agaki difabel daksa salah satu petugas PPDP difabel.

Sebab, kemungkinan data pada tahun sebelumnya berbeda dengan jumlah data pemilih difabel setiap tahunnya. Lebih dari itu, Pendataan diharapkan dapat secara maksimal menjaring pemilih difabel yang selama ini belum terdaftar. [Roby Nyong]

The subscriber's email address.