Lompat ke isi utama
 Handicap Internasional diwakili Singgih Purnomo dan Dewi Kurniawati, bersama Agoes Widhartono melakukan Ausdiensi ke Tribun Jogja, Jumat (24/11/2017).

Selenggarakan Workshop Peliputan Isu Difabilitas untuk Jurnalis, HI Audiensi ke Tribun Jogja

Solider.or.id.Yogyakarta. Handicap International (HI) kantor perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berkunjung ke kantor redaksi Tribun Jogja, Jalan Jenderal Sudirman, Yogyakarta, Jumat (24/11/2017). Kunjungan ini dalam rangka sosialisasi pelaksanaan kegiatan “Workshop Peliputan Isu Difabilitas untuk Jurnalis,” yang akan berlangsung pada 29 Nopember 2017 di Arjuna Hotel, Jalan Mangkubumi, Yogyakarta.

Hadir dalam audiensi, Project Manajer Advocation for Change (AfC) Singgih Purnomo, Deputi Project Manajer AfC E. Dewi Kurniawati, serta Penulis, Peneliti Media dan Konsultan Komunikasi Agoes Widartono. Kunjungan tersebut diterima oleh Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Online Ikrob Didik, dan Wahyu Setiawan sebagai wartawan pada desk Pariwisata Tribun Jogja.

Agoes Widarhono menyampaikan bahwa peran media penting dalam mengedukasi publik. Sehingga jurnalis harus memiliki pemahaman yang benar tentang isu difabilitas. Apa yang yang disapaikan jurnalis melalui tulisannya benar-benar dapat memberi manfaat bagi pembaca, bukan sesasional belaka.

Untuk itu, kunjungan selain mensosialisasikan kegiatan, juga bermaksud meminta kepada Redaksi Kantor Berita Tribun Jogja mengutus jurnalisnya dalam kegiatan workshop yang akan dilangsungkan sehari tersebut.

Adapun Singgih Purnomo atau Ibeng, dalam audiensinya menyampaikan bahwa selama ini isu difabilitas dan kelompok rentan lain, merupakan sebuah isu yang menarik, namun belum banyak tergali. Belum banyak informasi disajikan secara menyeluruh mengenai bagaimana kontribusi dan peran difabel dalam pembangunan dan kehidupan sehari-hari. Untuk itu peran media pers dalam menampilan realitas tentang difabilitas memegang peran penting.

Untuk itu HI mengajak para jurnalis di Yogyakarta dan Jawa Tengah berkontribusi memberikan informasi kepada publik tentang isu difabilitas dengan benar. Terkait dengan hal tersebut Workshop sehari dengan topik, “Bagaimana Meliput dan Menulis Fakta Isu Difabilitas”, dipandang penting untuk diselenggarakan.

Pada kesempatan tersebut, dikatakan juga oleh Ibeng bahwa selain untuk memberikan pemahaman bagi jurnalis secara umum, secara khusus workshop tersebut dilaksanakan berkenaan dengan akan dihelatnya Hari Disabilitas International (HDI) yang secara nasional akan dipusatkan di DIY, Lapangan Siwa Prambanan, selama 2 (dua) hari, 2 dan 3 Desember 2017. *(harta nining wijaya).

The subscriber's email address.