Lompat ke isi utama
 Penyerahan Trophy oleh Gubenur Ganjaran Pranowo (sumber foto : IG Humas Jateng)

Selamat Tinggal Peparpenas Solo 2017, Selamat Jumpa 2019 di Papua

Solider.or.id, Surakarta- Perhelatan Pekan Paralimpic Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII, 7-13 November 2017 usai sudah  pada Senin (13/11). Kegiatan ini ditutup oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sasana Krida Kusuma.

Dalam sambutannya di hadapan kontingen dari 30 provinsi Ganjar menyatakan bangga akan semua prestasi yang ditorehkan oleh para peserta. “Prestasi itu didapat menurut keyakinan dan berlatih. Ini forum luar biasa untuk menjalin rajutan untuk mencintai NKRI. Semua yang di sini adalah pemenang, karena kalian para atlet yang berlaga untuk memperebutkan prestasi,” ujar Ganjar Pranowo.

Para atlet paralimpian dari Jawa Tengah menyabet juara umum setelah mengumpulkan 18 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu disusul Jawa Barat dengan 16 emas, 7 perak dan dan 5 perunggu dan Provinsi Jawa Timur : 15 emas, 8 perak dan 1 perunggu. Disusul empat besar dan seterusnya : Kep.Riau, DI.Yogyakarta, Papua, Bali, Jambi, Sumut, Sumsel.

Menurut Bayu Rahadian, ketua panitia penyelenggara, ada enam cabang olahraga dipertandingkan yakni : atletik, bulutangkis, tenis meja, catur, renang dan satu cabor baru boccia.

Boccia adalah cabang olahraga rekreasi berupa permainan strategi dan kemampuan akurasi yang awalnya dirancang untuk dimainkan oleh orang-orang dengan cerebral palsy. Kini olahraga ini mencakup atlet dengan gangguan yang memengaruhi kemampuan motorik. Saat ini kemepora tengah mengupayakan untuk mendukung lebih cabor boccia. Dukungan selain sosialisasi juga pengadaan peralatan dan adanya pelatih di setiap daerah.

Muhammad Yamin, pembimbing sekaligus pelatih tim paralimpian dari NTT kepada Solider mengatakan bahwa timnya yang berjumlah 36, 26 atlet dan 10 pelatih berhasil mengumpulkan 2 emas dari cabor loncat jauh grahita dan lari 100 M daksa, 5 perak dari lari 100 M, 200 M dan boccia serta 2 perunggu.

Helatan Peparpenas VIII 2017 yang diselenggarakan oleh NPC didukung Kemenpora, Pemprov Jateng, Dispora kota/ kabupaten, Universitas Sebelas Maret dan Pemkot Solo dinyatakan sukses penyelenggaraannya dan tahun 2019 akan diselenggarakan di Papua (Puji Astuti).

The subscriber's email address.