Lompat ke isi utama
solider saat berjumpa dengan petugas perpustakaan Tuban

Perpustakaan Tuban Terus Berbenah Dalam Hal Pelayanan Terhadap Difabel

Solider.or.id, Tuban - Perpustakaan Umum Kabupaten Tuban terus berbenah diri guna memberikan pelayanan kepada masyarakat tak terkecuali difabel.  Beberapa sarana aksesibel mulai muncul di perpustakaan ini. salah satunya adalah adanya Al-qur’an berhuruf braille. Hal ini diungkapkan oleh Nunik Indah, Amd (staff perpustakaan) ketika di temui solider (9/11) di kantornya.

Menurut Jumiati,Spd (Kasi Pelayanan  Perpustakan)., Perpustakaan ini telah berencana untuk melengkapi koleksi braille dan tidak hanya sebatas pada Al-qur’an saja.”kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengakomodasi berbagai hak difabel dalam rangka mengakses informasi” lanjutnya.

 Beberapa hal masih menjadi kendala dalam pengadaan buku braille.  “bukan soal anggaran tetapi  soal mekanisme jumlah barang yang  ditentukan. Kami butuh sekian misalnya tetapi di haruskan beli yang melebihi jumlah kebutuhan” tutur Yayuk Supriyati,SH (Kabid Perpustakaan)

Pihaknya berharap agar kedepan dapat menemukan dan bermitra secara langsung dengan penerbit yang cocok. Sebab selama ini hanya melalui perantara. “kalau langsung kan enak, bias lebih paham terkait dengan apa kami butuhkan” ujar ibu yang akrab di sapa Yayuk ini.

Sementara itu pada 14-16 November 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Perpustakaan Tuban mengadakan Lomba Minat Baca dan Mewarnai yang di ikuti oleh peserta mulai dari siswa TK-SMA. ”dalam lomba tersebut kami juga melibatkan siswa difabel. Sudah ada 4 peserta difabel yang mendaftar’’pungkas Nunik (Fira Merenda Asa)

The subscriber's email address.