Lompat ke isi utama
GKR Hemas terlihat sedang memperhatikan difabel mengoperasikan telepon pintar

GKR Hemas Kunjungi Stand Pameran SIGAB

Solider.or.id.Yogyakarta. Pada pembukaan Pameran "Sains dan Teknologi Pancasilais : Tunjukan Jogjamu untuk Indonesia" di GOR UNY, Rabu (4/10/2017), GKR Hemas menyempatkan mengunjungi stand pameran Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB). Dalam kunjungan itu, selain berdialog dengan beberapa petugas, GKR Hemas juga dengan seksama memperhatikan penjelasan difabel tuli bernama Amad Robi Nugroho, tentang sebuah teknologi “Signteraktif”. Yakni sebuah teknologi berupa aplikasi yang memudahkan tuli mengakses informasi dan berkomunikasi.

Sebagaimana tema yang diusung yakni pameran sain dan teknologi Pancasilais, maka pameran tersebut mengakomodir dan memberikan kesempatan kepada setiap lapisan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak terlepas kelompok masyarakat difabel, yang selama ini juga dimudahkan oleh teknologi.

Pada pameran yang digagas Perhimpunan Warga Pancasila (PWP) bekerja sama dengan Keraton Yogyakarta, SIGAB Indonesia yang beralamat di Jalan Wonosari, Yogyakarta, memamerkan berbagai teknologi yang selama ini digunakan dan telah membantu difabel netra dan tuli dapat berkomunikasi, dan bertukar informasi. Teknologi pembaca layar (screen reader) JAWS bagi difabel netra, dan Signteraktif bagi difabel tuli, serta media online Solider.or.id., dipamerkan dalam pameran bersama 84 peserta pameran lainnya.

Teknologi akses bagi difabel

Selama ini barangkali tidak terbayang di benak masyarakat awam, bagaimana difabel dengan gangguan penglihatan atau netra dapat berkomunikasi, bertukar informasi melalui email, membaca web, membalas pesan SMS/WhatsApp. Bagaimana pula difabel dengan gangguan pendengaran atau tuli dapat mengakses informasi berupa suara.

Dengan perkembangan teknologi ternyata tidak ada yang tidak mungkin. Teknologi smart dan aksesibel telah memungkinkan difabel netra dan tuli mengakses informasi dan berkomunikasi layaknya orang pada umumnya.

Aplikasi JAWS (Job Access With Speech) dan aplikasi Google Talk Back adalah beberapa jenis piranti lunak (software) pembaca layar (screen reader) yang dirancang guna membantu difabel netra mengakses berbagai informasi tertulis baik melalui komputer maupun telepon pintar. Melalui JAWS dan Google Talkback difabel netra dapat melepaskan ketergantungan pada orang lain.

Adapun aplikasi Signteraktif, merupakan aplikasi layanan jurubahasa isyarat jarak jauh. Signteraktif berfungsi menghadirkan juru bahasa di manapun dan kapanpun dibutuhkan melalui aplikasi mobile. Aplikasi Signteraktif akan mengikis masalah jarak dan waktu bagi tuli berkomunikasi dengan menggunakan layanan jurubahasa isyarat. Dengan aplikasi Signteraktif, tuli akan berpeluang lebih mandiri serta dapat terlibat dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Adapun media Solider, merupakan sebuah media dengan konten berita dan informasi khusus isu difabilitas. Melalui media solider masyarakat baik difabel maupun nondifabel  mendapatkan banyak informasi seputar dunia difabilitas yang belum banyak diinformaiskan oleh media mainstream. (hnw).

The subscriber's email address.