Lompat ke isi utama
ilustrari keberhasilan atlet difabel dalam ajang Asean Paragames

Atlet Difabel Indonesia bersinar di Asean Para Games 2017

Solider.or.id, Mamuju -- Indonesia dipastikan menjadi juara umum di ajang ASEAN Para Games 2017 di Malaysia, setelah menyabet 126 medali emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Malaysia sebagai tuan rumah berada diposisi kedua dengan raihan 90 emas, sedang Thailand yang langganan juara harus puas bercokol di posisi ketiga dengan koleksi 68 emas, seperti yang di unggah di akun twitter KEMENPORA RI (@KEMENPORA_RI) pertanggal 23 September 2017, pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Menanggapi hal tersebut Nirwana salah satu atlet difabel asal Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan (Sulses) saat dihubungi Solider via Messenger, mengaku sangat bangga, menurutnya ini adalah salahsatu bukti kalau difabel juga bisa berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Lebih lanjut wanita yang pernah juara dua di nomor 200 meter Lompat Jauh pada Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS)  2016 di Jawa Barat  mengatakan “Hal ini juga membuktikan kalau atlet difabel juga bisa bersaing dengan atlet nondifabel”(23/09).

 Wana juga sangat berharap kepada pemerintah pusat sebagai pemangku kebijakan di negara ini agar tidak menganggap difabel sebagai beban negara “kami bukan beban negara, tapi kami justru membanggakan negara, dan jangan lagi ada diskrimasi terhadap difabel”.

Hal yang hampir senada juga disampaikan Andi Takdir Pelaksana Tugas Sekretaris Nasional Paralympic Commitee (NPC) Kabupaten Bone Sulses saat dihubungi Solider via WhatsApp (WA), menurutnya, tidak ada yang tidak mungkin selama kita berusaha maksimal, pasti akan ada hasil yang memuaskan “begitupun pemerintah di masing-masing daerah, ketika serius membina olahraga difabel sama dengan bagaimana mereka membina olahraga nondifabel, pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan”.

Takdir menambahkan, dengan adanya prestasi juara umum di ASEAN Para Games 2017 Malaysia ini, bisa memotivasi atlet-atlet difabel yang ada di daerah khususnya Sulawesi Selatan, “Tahun ini ada dua atlet putra dan putri asal Sulawesi Selatan yang berhasil meraih medali emas di ASEAN Para Games 2017 ini, yaitu Zulkifli Umar asal Kabupaten Maros Sulses di cabang Catur, dan Hamidah asal Kabupaten Pinrang Suleses di cabang Tenis Meja”, tuturnya (23/09).

Solider mencoba untuk mewawancarai pengurus NPC Pusat via WhatsApp namun sampai berita ini rilis belum ada tanggapan. (Shafar Malolo)

The subscriber's email address.