Lompat ke isi utama
suasana diskusi di hotel Dafam

Ciqal Rancang MoU Penanganan Kasus Kekerasan dengan Polres Sleman

Solider.or.id, Yogyakarta - Guna memberikan layanan optimal penanganan kasus kepada perempuan difabel korban kekerasan di Kabupaten Sleman, Ciqal menggandeng Kepolisian Resor (Polres) Sleman untuk membuat nota kesepahaman/MoU yang mengintegrasikan hak-hak difabel korban kekerasan. Isi MoU ini dirancang bersama antara Ciqal dan Polres Sleman pada kegiatan workshop selama 3 hari di Hotel Dafam Seturan Yogyakarta dengan judul kegiatan Penyusunan Rancangan MoU tentang Penanganan Kasus Kekerasan yang Mengintegrasikan Hak-hak Korban dengan Penyandang Disabilitas antara Ciqal dan Polres Sleman (20/9).

Mengundang sebanyak 25 peserta dari berbagai lembaga, dinas, dan instansi, kegiatan ini berlangsung pada 18-20 September 2017. Jajaran kepolisian yang hadir pada kegiatan ini diantara oleh Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Sleman, perwakilan Polda DIY, Polsek Ngaglik, dan Polsek Pakem. Suryatiningsih Budi Lestari, SH sebagai direktur Yayasan Ciqal menyampaikan, “Semoga kita lebih intens lagi berjejaring ketika menangani kasus, khususnya perempuan difabel korban kekerasan. Kami tidak minta dispesialkan, tapi karena ada kondisi khusus, perlu kita bicarakan bersama. “

Ibnu Sukoco selaku manager program Ciqal menginformasikan bahwa Ciqal mendampingi 92 kasus dan hanya 3-4 kasus bisa masuk ke ranah hukum dan diproses peradilan. “Hal ini dikarenakan adanya hambatan, seperti ada rasa ketakutan untuk melapor dan kendala komunikasi antara pihak kepolisian dan korban”, imbuh Ibnu.

Menanggapi hal di atas, Eko Budi P, Kanit PPA Polres Sleman menyampaikan, “Dalam penanganan kasus, otomatis kita sudah ada panduannya. Jika menyangkut difabel, banyak kendala yang ada di tangan kita. Kalau kasus itu memenuhi unsur yang diterapkan, bagi kita tidak ada kendala. Seperti kasus yang kita dampingi beberapa bulan yang lalu, jika unsurnya terpenuhi maka tidak menjadi hambatan.” (Ramadhany Rahmi)

The subscriber's email address.