Lompat ke isi utama
dua orang difabel sedang berlatih Catur

NPC Kota Bandung Rekrut Calon Atlet Catur

Solider.or.id, Bandung – NPC (National Paralympic Committee) kota Bandung merekrut dan melatih atlet pemula catur.  Pelarekrutan dan pelatihan ini dilakukan untuk  mempersiapkan diri dalam pekan paralimpik daerah (Peparda) di Bogor. Kegiatan dilaksanakan  di Gor Pajajaran. Para atlet pemula cabang olahraga catur sangat serius ketika berlatih. Mereka membekali diri dengan semangat dan keinginan yang kuat untuk bisa lolos dalam tahap seleksi berikutnya.

 “Siapa pun bisa jadi atlet. Modal utamanya adalah kepercayaan diri untuk menjadi seorang atlet sesuai cabang yang diminati,” ujar pecatur senior Teuku Muslim, Kamis (14/9) saat ditemui solider di sela-sela pelatihan.

 Muslim juga menyampaikan cabang olahraga catur masih kekurangan atlet, khususnya difabel daksa putri. Pada perekrutan kali ini, NPC sangat membuka peluang bagi  calon pemain pemula. Meski menurut yang dijadwalkan, pelatihan dilakukan setiap Kamis mulai jam 14.00 hingga jam 18.00, dirinya akan bersedia melatih di luar waktu tersebut.

“Difabel bisa mandiri secara ekonomi setelah mereka dapat berprestasi dibidang olah raga. Kesempatan ini akan menjadi peluang baru untuk mereka yang serius menekuninya. Mereka yang benar-benar ingin menjadi atlet profesional harus rajin berlatih dan disiplin untuk melakukan latihan. Latihan catur bisa di rumah, bisa juga online di komputer,” ungkap Teuku Msulim melanjutkan.

Meski menurut rencana, Peparda V di Bogor akan diselenggarakan sekitar Oktober 2018, NPC kota Bandung telah mempersiapkan para atletnya. Proses penerimaan atlet pemula dan pelatihanpun sedang dijalani, secara bertahap akan terus melakukan penjaringan calon atlet dan melakukan proses penyeleksian.  

“Menikmati permainan adalah salah satu kemudahan bercatur. Setiap atlet yang telah memahami teknik dasar permainan, lalu menikmatinya dengan otomatis mereka akan fokus dan terarah baik saat berlatih maupun bertanding,” tambahnya. (Srikandi Syamsi)

The subscriber's email address.