Lompat ke isi utama

Aksesibilitas Pengguna Kursi Roda di Google Maps

Solider.or.id - Siapa yang belum mengenal Google Maps saat ini. Kebangeten ya jika belum mengenal bahkan menggunakannya?. Karena aplikasi Google Maps bisa dipasang smartphone, bahkan ponsel yang menggunakan sistem operasi Android malah membundel aplikasi Google Maps bersamaan dengan ponsel Android OS. Sebab dua-duanya memang milik Google sebagai penyedia OS pun layanan aplikasinya.

Apa yang menarik dari Google Maps?

Sudah tidak menarik lagi sebenarnya, namun menjadi kebutuhan yang cukup penting. Tentu saja bagi yang akan bepergian selain menggunakan layanan Ojek Online maupun Taksi Online, ketika bepergian sendiripun menjadi kebutuhan karena Ponsel kita dilengkapi dengan perangkat GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui sedang berada di mana kita saat ini. Tentu saja harus tersedia sinyal untuk koneksi data ponsel pintar kita.

Dengan Google Maps kita bisa menentukan tujuan tempat yang kita tuju, dan jalan yang bisa dilewati dengan mudah dan tercepat. Google Maps akan membimbing untuk melalui jalur yang tidak macet dan lebih sedikit memakan waktu. Dukungan komunitas pengguna Google Maps dengan berbagai gawainya menambah lengkap data yang ada di Maps karena mereka dengan sukarela menambahkan foto, reviu maupun memberikan data titik-titik lokasi tempat baru. Hal ini mempermudah para pengguna untuk menemukan titik lokasi yang dicarinya. Komunitas atau para pengguna tersebut diapresiasi oleh Google sebagai Local Guides.

Gambar Aplikasi Google Maps di Ponsel

Gambar 2 Penggunaan Aplikasi Google Map di Ponsel

Google Local Guides

Ini bukan iklan ya, sekedar informasi saja bahwa untuk menjadi Google Local Guide sangat mudah, sebab para pengguna HP Android pasti biasnya memiliki email Gmail untuk mengakses Play Store. Secara otomatis email tersebut selalu login dan juga tidak ketinggalan ketika mengakses Google Maps. Sehingga ketika kita memberikan data lokasi atau tempat baru di Google Maps, Google dapat mengakses dan memverifikasi siapa dan gawai apa yang menambahkan data baru tersebut. Juga secara otomatis email yang terpasang di HP Android atau apapun tersebut akan dianggap menjadi Local Guides. Terlebih jika sering melakukannya. Google juga memberikan poin, dan badge bagi para local guides untuk menambah semangat.

Google Map, Local Guide dan Aksesibilitas

Ini baru menarik, karena saat ini Google menambahkan pertanyaan untuk Aksesibiltas sebuah tempat. Jika kita menjadi Google Local Guides atau sering mengakses Google Maps, tentu sering mendapatkan pertanyaan dari Google Maps tentang keadaan tempat tersebut. Sejak dari pertanyaan buka jam berapa, ada kursi tinggi atau tidak, apakah menyediakan kudapan yang enak, atau apakah tersedia kopi yang enak di tempat tersebut. Pertanyaannya sesuai dengan kategori data tempat yang dikunjungi. Jawaban dari teman-teman akan sangat menentukan bagi orang lain untuk memutuskan datang ke tempat tersebut atau tidak, tentu saja menjadi bahan pertimbangan yang serius.

Sekarang pertanyaan-pertanyaan dalam reviu di Google Maps tersebut ditambah tentang masalah aksesibilitas. Hal ini hal yang sangat penting bagi kita orang-orang yang membutuhkan informasi tentang keadaan suatu tempat yang belum kita kenali dengan baik, terutama permasalahan aksesibilitas. Pertanyaan Google memang spesifik tentang aksesibilitas untuk pengguna Kursi Roda.

5 Pertanyaan untuk Aksesibilitas Pengguna Kursi Roda

Kelima pertanyaan Google Maps tentang aksesibilitas sebuah tempat untuk Pengguna Kursi Roda adalah:

  1. Apakah ada pintu masuk yang bisa diakses pengguna kursi roda?
  2. Apakah ada toilet yang bisa diakses pengguna kursi roda?
  3. Apakah ada tempat duduk khusus pengguna kursi roda?
  4. Apakah ada tempat parkir yang bisa diakses pengguna kursi roda?
  5. Apakah ada elevator yang bisa diakses pengguna kursi roda?

Untuk para Local Guides juga diberikan panduan cara menjawab kelima pertanyaan di atas. Selain itu tentu saja para pengguna kursi roda dapat juga memberikan reviu langsung dalam komentarnya, atau ikut menjadi Local Guides yang memberikan informasi lebih lengkap dan penting bagi sesama pengguna kursi roda. Panduan juga dapat diunduh di lampiran tulisan ini.

Poster bergerak aksesibilitas di google local guides

Panduan Menjawab Pertanyaan Aksesibilitas Kursi Roda di Google Maps

Panduan ini diambil dari laman News Google Local Guides, dan bulan ini serentak di seluruh dunia para Local Guides diharapkan untuk dapat melakukan meetup dan reviu tentang aksesibilitas tempat untuk pengguna Kursi Roda. Panduan menjawab pertanyaannya adalah seperti ini:

  • Apakah ada pintu masuk yang bisa diakses pengguna kursi roda?
    Jawab ya jika lebar pintu masuk minimal 1 meter dan di pintu masuk tidak ada tangga (atau memiliki jalur khusus kursi roda). Satu meter adalah luas yang mencukupi 2 orang berdiri berdampingan. Jika tempat tidak memiliki pintu masuk, jawab ya. Jika tempat hanya memiliki pintu putar, jawab tidak.
     
  • Apakah ada toilet yang bisa diakses pengguna kursi roda?
    Jawab ya jika lebar pintu masuk toilet minimal 1 meter dan toilet dapat dijangkau tanpa naik atau turun tangga. Jika pengguna kursi roda juga harus masuk ke dalam bilik toilet, lebar pintu masuk bilik toilet juga harus 1 meter. (Ingat, 1 meter adalah luas yang mencukupi 2 orang berdiri berdampingan.)
     
  • Apakah ada tempat duduk khusus pengguna kursi roda?
    Jawab ya jika area utama bisnis Anda dapat diakses tanpa naik turun tangga dan ada cukup ruang bagi pengguna kursi roda untuk bergerak dan duduk. Jika hanya ada meja tinggi (pada level berdiri) di tempat seperti bar atau restoran, jawab tidak.
     
  • Apakah ada tempat parkir yang bisa diakses pengguna kursi roda?
    Jawab ya jika setidaknya ada 1 tempat parkir khusus untuk orang berkebutuhan khusus. Biasanya ditandai dengan plakat, tanda, atau cat di permukaan tanah.
     
  • Apakah ada elevator yang bisa diakses pengguna kursi roda?
    Jawab ya jika tempat tersebut memiliki banyak lantai dan ada elevator yang cukup besar untuk mengakomodasi kursi roda.

Aplikasi yang mendukung informasi tentang Aksesibilitas sebuah tempat bagi pengguna Kursi Roda, tentu bermanfaat juga bagi Difabel lainnya. Mari didukung dengan secara sukarela memberikan data-data yang valid dan benar agar dapat dipergunakan bagi sesama kita yang menggunakan Kursi Roda ataupun alat bantu lainnya. Demi kemudahan bersama, aksesibilitas yang lebih baik dan praktik baik penggunaan Teknologi Informasi.

[ Sumber & Foto : Google Local Guides News ]

Lampiran Ukuran
accessibility_id.pdf 579.5 KB
The subscriber's email address.