Lompat ke isi utama
Bintek Industri rumahan

Bintek Kemitraan dan Jaringan Usaha Bagi UMKM dan Industri Rumahan Difabel

Solider.or.id, Surakarta- 30 difabel anggota Koperasi Sehati mengikuti bintek kemitraan dan jaringan usaha yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret dan Dinas Koperasi dan UMKM Sukoharjo di RM Mbak Mul, Begajah Sukoharjo, Selasa (27/10). Edy Supriyanto dalam paparannya menyampaikan matrik RBM dan bagaimana perjalanan koperasi Sehati sejak dibentuk hingga saat ini.

Narasumber kedua, Aji Indo Sabiila Gusti, ketua Kopma Universitas Sebelas Maret Surakarta mengenalkan koperasi yang dipimpinnya serta apa saja kapasitas yang ada di dalamnya. Kopma Universitas Sebelas Maret ingin membangun kerja sama antara lain berupa konsinyasi produk, pemasaran online, kelas bisnis, Focus Group Discussion (FGD), serta pameran.

Sementara itu, pembicara ketiga Kunto Adi dari Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) LPPM Universitas Sebelas Maret mengatakan bahwa kemitraan bisnis UMKM harus ada output yakni perjanjian kerja sama antara Koperasi Sehati dan Kopma UNS. Selama ini pihaknya juga pernah bekerja sama dengan personil pengusaha rumahan anggota Koperasi Sehati dengan mengikutsertakan pada pameran. "Kemitraan itu berdasar asas kesetaraan. Dan yang perlu diperhatikan dalam berjejaring bisnis adalah saling mendukung, saling membutuhkan, menguntungkan satu sama lain,"pungkas Kunto Adi.

Kepada Solider, Kunto Adi mengatakan bahwa pihak Kopma UNS tengah menyiapkan draft kerja sama kemitraan yang akan segera ditandatangani oleh kedua pihak.

The subscriber's email address.