Lompat ke isi utama
Difabel daksa sedang memasukkan surat suara ke kotak suara pada pemilihan umum 2014 lalu

KPU Pusat Luncurkan Data Pemilih Difabel

Solider.or.id, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat meluncurkan data pemilih sementara (DPS) secara online. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini KPU mendata semua jenis difabel DPS online tersebut.

Langkah ini diapresiasi oleh Jaringan Pendidikan Pemilihan Rakyat (JPPR). Masykurudin Hafizt selaku ketua JPPR mengatakan langkah KPU ini harus diapresiasi. Setelah bertahun difabel mencoba mengadvokasi tentang hak pemilu yang aksesibel, kini difabel di seluruh Indonesia bisa mendapat kesempatan memilih pada Pilkada Serentak Desember esok.

"Ini pertama kali di Indonesia setelah sekian tahun lamanya. Data tersebut bisa diakses di web KPU. Saya berharap langkah pemerintah dalam mewujudkan pemilu yang akses tak hanya sampai pada data saja. Tetapi juga implementasinya," ujar Masykur saat dihubungi Solider, Rabu (16/9).

Dari data yang ada di website KPU tersebut setidaknya mengakomodir 4 jenis difabilitas, dan satu daftar jenis difabel campuran. KPU mendata, setidaknya ada 53.820 difabel daksa yang menjadi pemilih sementara. 19.940 difabel netra, 21.110 difabel tuli, 22.209 difabel mental dan 32.239 jenis difabilitas lainnya.

Masykur berharap KPU bisa meneruskan langkah infklusif ini hingga tingkat kecamatan di seluruh Indonesia. Tak hanya soal data, KPU diharapkan bisa menyediakan aksesibilitas dan alat bantu bagi para pemilih difabel ini.

Aksesibilitas tersebut tentu tak lepas dari kebutuhan setiap jenis difabel yang ada. Mulai dari kertas suara yang akses, bilik coblosan yang akses bagi difabel daksa, serta alat bantu bagi jenis difabel lainnya.

"Patut diapresiasi dan tetap dikawal, khususnya nanti saat implemntasinya. Kami sedang berkordinasi dengan KPU terkait aksesibilitas," ujar Masykur.

Pilkada Serentak tahun ini menjadi harapan bagi pemilu yang inklusif bagi para semua warga di Indonesia. "Tentu ini jadi titik perubahan yang baik," tutup Masykur.

The subscriber's email address.