Lompat ke isi utama
Diperlukan Banyak Lagi Jalur Pejalan Kaki yang Aksesibel di Kota Solo

Diperlukan Banyak Lagi Jalur Pejalan Kaki yang Aksesibel di Kota Solo

Solider.or.id, Surakarta-Satu lagi City Walk atau pedestrian yang aksesibel dibangun di atas jalan raya di kota Solo yakni Jl. Kepatihan atau tepatnya di depan gedung kejaksaan negeri. Pembangunan pedestrian yang tampaknya belum selesai digarap tersebut dilengkapi dengan guiding block atau jalur pemandu bagi difabel netra. Sepanjang kanan dan kiri bahu jalan juga dipenuhi dengan pot-pot bunga sebagai hiasan. Namun ada sedikit kesalahan letak pada sisi timur yakni beberapa pot bunga memakan jalur pemandu.

Sedangkan sisi barat letak pot-pot bunga sudah pada tempatnya. Jalur pemandu yang belum sepenuhnya  selesai dibangun tersebut sepanjang kira-kira 300 meter. Di sisi barat terdapat masjid Al Fatih sedangkan tepat di seberang jalan, sebuah toko keramik megah berdiri di sana. Di ujung sebelah selatan timur, jalur pemandu seperti terputus dan belum dibangun lagi. Sedangkan di sisi selatan barat bagian selatan, bangunan kelurahan kepatihan yang baru belum selesai berdiri dan masih dalam penggarapan.

Sardi, pengunjung yang sedang makan di warung kaki lima di selatan pedestrian jalan kepatihan mengatakan jika jalur pemandu yang berada di sebelah selatan timur jalan sangat berbahaya bagi difabel netra karena belum dibangun ramp atau bidang miring dan batas sisi jalan lebih tinggi dari jalan sutan syahrir yang berada di depannya.

Pedestrian di jalan Kepatihan Solo adalah salah satu pedestrian yang aksesibel bagi difabel selain pedestrian di Jalan Jenderal Soedirman yakni biasa disebut Koridor Soedirman yakni di depan gedung BI dan sepanjang jalan depan beteng Vastenberg termasuk di lingkungan beteng. Selain itu di Purwosari sejak lima bulan lalu juga direnovasi pedestrian aksesibel yakni di seberang stasiun Purwosari ke timur hingga Jl. Sidomukti, Laweyan.

Beberapa jalur pemandu pedestrian di kota Solo mengalami malfungsi dengan dijadikannya tempat berjualan pedagang kaki lima dan tempat parkir toko atau perkantoran, contohnya yakni yang berada di Jalan Kapten Mulyadi Pasar Kliwon dan di beberapa titik di dekat Stadion Sriwedari.

The subscriber's email address.