Lompat ke isi utama
Aprilian Bima, Ketua Gerkatin Solo

Ketua Baru Gerkatin Solo Ajak Tuli Berkarya Seni

Solider.or.id, Surakarta- Aprilian Bima Purnanta, Ketua Gerkatin Solo yang baru-baru ini terpilih untuk masa tugas 2014-2018 mengatakan jika dirinya hendak mengajak kawan-kawan tuli untuk berkarya dan lebih memahami seni. Pemahaman seni yang dimaksudnya adalah kesenian secara mendalam dan output-nya berupa pameran. “Saya juga ingin kawan-kawan tuli ikut mensosialisasikan Bahasa Isyarat Indonesia (BIsindo). Biar kalau ketemu kawan tuli di jalan bisa membantu dan saling berkomunikasi,”ujar pelajar kelas XI Jurusan Seni Rupa di SMK N 9 Surakarta saat ditemui Solider di stan Bahasa Isyarat Gerkatin Solo  Car Free Day (CFD), Minggu (4/5/2014).

Ingin Sebarkan Para Tuli Aktif di Pedesaan

Selain kesenian yang hendak diangkat di kalangan para tuli, Bima juga mempunyai program menyebarkan anggota Gerkatin Solo untuk turun di desa-desa guna sosialisasi Bisindo. Alasan Bima adalah karena para tuli di pedesaan belum akses bahasa isyarat. “Banyak yang belum bergabung dengan komunitas, dan masih ada kesenjangan,”jelas Bima dalam bahasa isyarat  yang diterjemahkan  oleh Septi Rosa Utami, relawan Deaf Volunteer Organization (DVO).

Aprilian Bima dan anggota Gerkatin Solo lainnya sat ini berupaya membuat acara menggambar bersama. Acara yang dikemas secara inklusif tersebut sedianya dimulai 18 Mei 2014. Gerkatin Solo baru-baru ini juga menyelenggarakan  belajar praktik broadcast di TATV Solo.

The subscriber's email address.