Lompat ke isi utama
Kunjungan Australia Awards ke PPRBM Solo, Mendungan, Kartasura

Australia Awards Indonesia Sosialisasi Kuliah Pascasarjana ke Organisasi Difabel

Solider.or.id, Surakarta- Australia Awards Indonesia mensosialisasikan secara langsung program beasiswa S2 dan S3 kepada organisasi difabel di Solodi kantor Pusat Pengembangan dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (PPRBM) Solo, Mendungan Kartasura, Kamis (11/2). Dalam sosialisasi hadir sebagai peserta adalah beberapa anggota Self Help Group (SHG) dampingan PPRBM Solo dari Klaten, Sragen dan Boyolali serta manajer program perempuan dan anak serta koordinator lapangan.

Dalam penjelasannya, Daniel Hunt dari Australia Awards Indonesia mengatakan bahwa pihaknya baru pertama kali ini mengadakan sosialisasi langsung kepada organisasi difabel. "Pendidikan di Australia sangat memperhatikan sistem pendidikan di bawah Undang-Undang yang berlaku keras bagi siapa pun dan melayani pendidikan untuk siapapun,"ujar Daniel Hunt.

Tak hanya memberikan peluang bagi difabel untuk mendapatkan beasiswa S2 dan S3, Australia Award Indonesia juga membuka kesempatan bagi difabel untuk mengikuti short course yang berlangsung selama dua sampai enam minggu. Namun dengan persyaratan yang lebih fleksibel, sesuai tema tertentu difabel menuliskan pengalamannya berorganisasi dan menjawab pertanyaan dalam formulir.

Manajer program perempuan dan anak difabel PPRBM Solo memaparkan bahwa di wilayah dampingannya, banyak sekali kasus difabel berhenti sekolah dikarenakan putus asa dan ada yang lulusan SMA namun tidak meneruskan ke perguruan tinggi. Pihaknya memohon agar Australia Awards Indonesia juga memberikan peluang beasiswa S1 juga untuk para difabel yang ingin berkuliah di Australia.

Usulan tersebut diakomodasi dengan baik oleh Daniel Hunt dan akan diteruskan kepada pembuat kebijakan. Daniel Hunt yang datang disertai Dwiya Anindyatitha dan Tutiek Rahayu tak hanya menjelaskan tentang syarat-syarat, namun juga membagikan materi berupa brosur-brosur yang berhuruf braille serta softfile via email bagi dibel tuli. "Informasi tentang beasiswa ini bisa diakses diwww.australiaawardsindonesia.org ,"ujar Dwiya Anindyatitha.

The subscriber's email address.