Lompat ke isi utama
Harapan Warga Malang, Semua Sekolah Harus Inklusif Min, 26/11/2017 - 10:04

Solider.or.id, Malang – pendidikan inklusif adalah harapan setiap orang, tak terkecuali warga Malang. Namun, sampai saat ini masih terdapat sejumlah persoalan yang merupakan tantangan untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif di Malang. Berbagai temuan tersebut akan dibahas dalam tulisan ini.

Artikel
Artikel

Geliat Komunitas dan Organisasi Difabel di Banjarnegara

Solider.or.id. Banjarnegara. Dalam satu dekade terakhir, penguatan arus pergerakan difabel telah jauh meningkat dari sebelumnya. Pergerakan itu dilakukan oleh komunitas atau masyarakat dalam mendesak hak dan kepentingan difabel yang telah terabaikan sejak bertahun-tahun dahulu. Setidaknya, itulah yang menjadi pengantar dari Ishak Salim dalam Jurnal Difabel Volume 2 No. 2 Tahun 2015.

Artikel

Area Pedestrian di Denpasar Belum Ramah Difabel

Solider.or.id, Denpasar - kurang lebih sebulan terakhir, saya menetap di Bali, tepatnya di selatan kota Denpasar. Dalam rentang waktu tersebut, saya berusaha mengamati kehidupan warga sekitar, utamanya warga difabel. Cukup banyak difabel yang saya temui dalam keseharian saya, daerah ini didominasi oleh difabel netra.

Tantangan dan Harapan Gerakan Sosial Inklusif di Malang Sel, 07/11/2017 - 10:29

Solider.orl.id, Malang - Menengok pergerakan difabel di Malang rasanya tak satupun diantara mereka yang begerak sendiri dalam organisasi yang bersifat ekslusif melainkan bergerak bersama secara inklusif. Mereka menjalin ikatan yang berdampak positif pada segenap masyarakat difabel karena terbukanya kesempatan lebih luas melalui berbagai program lintas organisasi.

Artikel
Artikel

Harapan Baru SIM D untuk Tuli di Malang

solider.or.id, Malang - Surat Izin Mengemudi khusus difabel atau SIM D dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Ijin Mengemudi diatur dalam Pasal 27 bahwa SIM D berlaku untuk mengemudi Ranmor (kendaraan bermotor) Khusus bagi penyandang disabilitas. Peraturan ini merupakan ruang kesetaraan bagi difabel untuk mendapatkan hak yang sama di bidang transportasi tanpa mengabaikan unsur keselamatan dalam berkendara.

Makna Inklusif dari Tema Sumpah Pemuda 2017 Rab, 01/11/2017 - 15:34

Solider.or.id. Yogyakarta. Tema peringatan Sumpah Pemuda tahun 2017 adalah “Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama.” Tema itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat merayakan peringatan Sumpah Pemuda di Istana Bogor (28/10). Dilansir dari detik.com, tema tersebut menurut Presiden Joko Widodo bermakna kerja sama antar pemuda dilakukan tanpa memandang perbedaan. Selain itu, Presiden Joko Widodo berharap agar Sumpah Pemuda menjadi semangat abadi para pemuda Indonesia, yaitu semangat kerja sama pemuda dari latar belakang yang berbeda.

Artikel
Tantangan Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi di Daerah Sen, 30/10/2017 - 11:37

Solider.or.id. Yogyakarta. Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi bukan menjadi hal baru di Indonesia. Legalitas  hukum untuk memayunginya sudah ada. Tonggak penting dari beberapa payung hukum tersebut diantaranya adalah UU No. 11 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Hak-hak EKOSOB), UU No. 12 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Hak-hak SIPOL, UU No. 19 Tahun 2011 tentang Ratifikasi CRPD, UU No.

Artikel
Masjid Tidak Akses, Difabel Malang Lakukan Advokasi ke MUI Min, 29/10/2017 - 06:49

Solider.or.id, Malang - Hari santri telah berlalu beberapa hari lewat, namun nampaknya semangat santri khususnya difabel tidak akan pernah berlalu begitu saja. Ditengah kondisi belum aksesnya masjid di hampir seluruh tempat, beberapa difabel masih semangat ke tempat ibadah dan menyuarakan hak aksesibilitas.

Demikian pun di Malang, berdasarkan survey Forum Malang Inklusi (FOMI) wilayah yang bepredikat kota pendidikan ini masih minim terdapat masjid yang memenuhi standar aksesibilitas.

Artikel
Berlangganan Artikel
The subscriber's email address.