Lompat ke isi utama
Figur

Cerita tentang Lala dari Maluku Barat Daya

Kehidupan difabel anak di indnesia masih jauh dari setara. Banyak anak difabel di penjuru tanah air yang belum memperoleh hak pendidikan. Salah satunya Lala, anak difabel netra yang tinggal di Maluku Barat Daya ini belum peroleh haknya untuk mengakses pendidikan.

Gilang Ramadhan: Bermain Musik Bantu Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus Sen, 15/09/2014 - 13:18

Solider.or.id,Surakarta-Dalam seminar yang diselenggarakan di sebuah Mall baru-baru ini, Maya Savitri, seorang psikolog dan pemilik sebuah lembaga psikologi di Solo memaparkan beberapa manfaat  bermain musik bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). “Bermain musik membantu perilaku sosial ABK agar lebih berkonsentrasi dan percaya diri serta mendorong anak supaya bisa bekerja sama dengan orang lain. Musik akan mempermudah koordinasi motorik ABK, menstabilkan pencernaan, membuat makin bersemangat  juga membantu komunikasi dengan lingkungannya,”tutur Maya Savitri.

LifeStyle
Menyampaikannya Pemahaman Tentang Kesehatan Seksualitas dan Reproduksi Kepada Anak Berkebutuhan Khusus Jum, 25/03/2022 - 02:19

Solider.id,- Berbicara mengenai kesehatan seksual dan reproduksi kepada anak, sepertinya masih menjadi angan yang sulit diwujudkan bagi para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Hal ini dikarenakan masih adanya asumsi bahwa kesehatan seksual dan reproduksi adalah isu yang tabu. Padahal sudah menjadi tanggungjawab bagi orang tua sebagai orang yang memiliki relasi terdekat.

 

Difabelitik
Difabelitik

Pendidikan Inklusif; Sudah Siapkah Kita?

solider.id,- Kesetaraan dalam mendapatkan hak pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus nampaknya masih menjadi sebuah mimpi yang samar-samar, perlu diraba-raba dan entah seperti apa implementasinya. Hari ini, kesetaraan dalam pendidikan dirasa masih jauh panggang dari api, hal itu dirasakan oleh seorang ibu berinisial R yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

 

Difabelitik

Anak dengan Autisme yang Dianiaya Orang Tuanya Sendiri Butuh Sekolah

Solider.id, Yogyakarta- Seorang Anak Berkebutuhan Khusus, berinisial G, dianiaya kedua orang tuanya, bahkan G ditempatkan di kandang kambing selama kurang lebih satu bulan lamanya. G merupakan anak dengan autisme dengan hambatan keterlambatan berbahasa dan berbicara.

 

G, tidak memperlihatkan ketertarikannya untuk berinteraksi dengan anak sebaya atau orang lain. G seperti memiliki dunia dan lebih senang melakukan kegiatan sendiri. G sering menggumam dengan makna yang tidak mudah ditangkap.

 

Artikel

Jungkir Balik Pendidikan Bagi Anak Difabel di Yogyakarta

Solider.id,- Dengar Pendapat Publik (public hearing) yang digelar oleh DPRD DIY akhir bulan September 2021 lalu jadi sumber keresahan di kalangan pegiat difabel. Pasalnya acara tersebut mengetengahkan Racangan Peraturan Daerah terkait Penyelenggaraan Pendidikan Khusus yang hendak disahkan DPRD DIY. Seperti tercermin dari judul, mindset legislator kita masih ‘kolot’ dalam merancang regulasi terkait pendidikan difabel.

 

Artikel

Meninjau PP No 78 Tahun 2021 dan Realita Perlindungan Bagi Anak

Solider.id,- Menonton polah mantan terpidana tindak pencabulan anak diarak bak pahlawan memang sudah sewajarnya mengusik perasaan. Bukan berarti kita tidak mau mengakui kalau artis berinisial SJ tersebut telah menjalani hukuman sesuai ketentuan. Namun, kalungan bunga dan sorotan kamera televisi yang menyambutnya seolah menjadi pengingat bahwa persoalan belum selesai. Karena sepertinya kepedulian publik terkait kejahatan terhadap anak memang belum bisa diandalkan.

 

Berlangganan Anak berkebutuhan khusus
The subscriber's email address.