Lompat ke isi utama
Difabelitik

Karunia dari Lumajang

Oleh Ishak Salim

 

DI SEBUAH KAMPUNG KECIL DI LUMAJANG, Mamad sedang membaca Kitab malam itu. Anak-anak sudah tidur. Istrinya, Inah, baru saja usai mengaji.

Di atas meja kayu, ada dua koin tergeletak. Masing-masing bernilai 5 rupiah. Mamad meraih satu koin itu dan mengamati gambarnya. Sebuah keluarga terdiri dari bapak, ibu dan kedua anaknya berdiri berjejer.

Mereka sedang menatap ke dalam koin, jauh sekali seperti menuju masa depan. Tulisan ‘Keluarga Berencana’ yang melingkari tepi koin menunjukkan maksud gambar itu.

Artikel

Belajar dari Aktivisme Joni Yulianto

Oleh Ishak Salim*

 

PERTAMA KALI MENGENALNYA di Jakarta pada 2005. Saya sekos dengannya di sekitaran Jl. Salemba. Kami sedang mengikuti kursus bahasa Inggris. Selama beberapa bulan, setiap ke Kampus Universitas Indonesia, saya bergandengan tangan dengannya.

Mesra? Ya, tentu saja.

Menyusuri lorong-lorong sekitaran Salemba Bluntas sampai kampus UI itu jaraknya sekitaran satu kilometer lebih. Menurut saya saat itu, Joni Yulianto seorang humoris, periang, tapi belakangan saya mengenalnya sebagai aktivis yang serius.

Djumono, Aktivis dan Pegiat Komunitas Difabel Jabar Sen, 19/03/2018 - 10:22

Solider.id-Bandung, Djumono merupakan sosok yang tak asing bagi kalangan aktivis dan pegiat komunitas difabel di Jawa Barat. Pria kelahiran Bandung 51 tahun silam ini memulai karier berorganisasinya sebagai ketua karang taruna pada tahun 1984, di Kelurahan Ciateul, Kota Bandung. Hamabatan fisik bukanlah suatu penghalang baginya untuk turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan bermasyarakat.

Figur
Dwi Aryani: Sebuah Kado Istimewa di Momen Istimewa Hari Difabel Internasional Sel, 05/12/2017 - 07:46

Solider.or.id, Yogyakarta. Dwi Ariyani seorang pengguna kursi roda  juga aktivis difabel yang memperjuangkan hak-hak difabel bersama Disability Righ Fund (DRF), akhirnya bernafas lega. Pasalnya, ia memenangkan gugatan yang diajukannya terhadap maskapai penerbangan nasional dari Uni Emirat Arab, Etihad Airways di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (4/12).

Berita
Berlangganan aktivis difabel
The subscriber's email address.